advertisement

Mengatasi Noise/Dengung/Desis pada Microphone Laptop/PC

By On Saturday, April 25th, 2015 Categories : Tips & Trik

[ads1]

Pada hari Jum’at (24/05/15), saat PalingPopuler.Com sedang mencoba untuk melakukan test rekam suara melalui laptop, ternyata ada suara Noise alias Dengung alias Desis yang muncul dan sangat mengganggu hasil rekaman.

Kebetulan kami menggunakan USB Soundcard, karena speaker di laptop suaranya pecah dan kurang enak untuk mendengarkan musik. Sehingga kami membeli USB Soundcard seharga 45 ribu dengan harapan hasil suaranya akan bagus dan tidak pecah lagi. Dan ternyata memang sesuai harapan, suaranya halus, bass dan trebble-nya juga cocok.

USB Soundcard

advertisement

USB Soundcard

Namun, ternyata saat kami mencoba test rekam suara dengan menggunakan headset yang ada microphone-nya, hasilnya kurang memuaskan. Bahkan bisa dibilang jelek sekali karena ada suara desis atau dengung cukup keras yang tidak kami harapkan keberadaannya.

[ads2]

advertisement

Mengatasi Noise/Dengung/Desis pada Microphone Laptop/PC

Awalnya kami menduga bermasalah pada software dan kami pun mencoba untuk menyetel bagian Recording Device, namun ternyata tidak berhasil dan suara yang mengganggu tetap muncul. Kami cek USB Soundcard juga kelihatannya tidak bermasalah.

Akhirnya kami mencoba menggunakan sistem grounding seperti yang biasa diterapkan pada Pre-Amp yang bermasalah di perangkat Sound System.

Sekedar informasi saja, maksud dari grounding atau pertanahan adalah aliran listrik langsung dari listrik PLN menuju ke bumi atau hubungan listrik secara langsung ke tanah. Secara umum fungsinya ada 3, yaitu :

1. Untuk keselamatan, misalnya kabel yang terpasang pada body setrika listrik bisa mencegah kita terkena sengatan listrik pada saat terjadi kebocoran arus listrik.

2. Sebagai penangkal petir.

3. Sebagai pelindung peralatan elektronik, sehingga bisa mencegah kerusakan karena adanya kebocoran tegangan.

Selain fungsi di atas, ternyata grounding juga bisa mengatasi masalah Noise / Dengung / Desis pada microphone yang bermasalah pada hardware. Dan pengalaman kami, dengan sistem grounding ini dan juga dengan melepas Charger laptop ternyata bisa mengurangi suara yang mengganggu kira-kira mencapai 60%. Sekalipun tidak menghilangkan 100%, namun sudah cukup bersih suara yang dihasilkan.

Untuk lebih jelasnya, simak baik-baik cara berikut ini :

1. Lepaskan Charger Laptop dan gunakan Battery saja.

2. Buatlah sistem Grounding. Caranya : pasang kabel (panjang sekitar 2m atau secukupnya) dari besi bagian luar USB Soundcard (ground laptop) ke paku yang di tanam di lantai (ground tanah).

Besi USB Soundcard untuk Ground

Besi USB Soundcard sebagai Ground Laptop

3. Pemasangan paku semakin dalam semakin bagus, bahkan jika bisa tembus ke bagian tanah maka akan lebih bagus lagi.

Skema Grounding Microphone Laptop / PC

Skema Grounding Microphone Laptop / PC

4. Jika tidak bisa atau susah untuk memasang kabel pada paku di lantai, tubuh Anda juga bisa sebagai grounding. Yaitu cukup memegang ujung kabel yang telah tersambung ke besi USB Soundcard.

Demikian tips dan trik cara Mengatasi Noise/Dengung/Desis pada Microphone Laptop/PC, semoga cukup jelas dan membantu menyelesaikan persoalan yang Anda hadapi terkait dengan microphone pada Laptop Anda.

Cara ini berdasarkan pengalaman kami, dan bisa jadi berbeda dengan pengalaman Anda termasuk cara penyelesaiannya pun tentu berbeda-beda pula. Oleh karena itu, silakan untuk berbagi pengalaman Anda melalui komentar di bawah ini.

Pencarian Terkini :

Mengatasi Noise/Dengung/Desis pada Microphone Laptop/PC | Admin | 4.5