advertisement

Cara Paling Mudah Membuat Narasi Video dengan Google Translate

By On Tuesday, May 19th, 2015 Categories : Tips & Trik

[ads1]

Ketika kita akan membuat sebuah video, tentunya kita membutuhkan juga audio untuk disandingkan dengan video agar hasilnya juga memuaskan. Untuk video yang sudah memiliki suara yang bagus, seperi video klip, video konser atau video percakapan tentunya tidak perlu lagi ditambahkan narasi.

Namun apabila video yang ditampilkan berupa gambar bergerak tanpa background musik atau video tersebut hanya slide-slide gambar, pastinya sangat perlu menambahkan narasi agar hasilnya juga sesuai harapan dan maksud dari video yang ditampilkan juga bisa dipahami oleh penonton.

advertisement

Nah, untuk kita yang punya suara yang bagus bisa saja menggunakan suara rekaman kita sendiri, tapi jika kita tidak PD alias tidak percaya diri dengan hasil suara rekaman sendiri, maka tidak perlu kuatir, PalingPopuler.Com akan memberitahu caranya melalui artikel ini, yaitu Cara Paling Mudah Membuat Narasi Video dengan Google Translate.

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, kenapa menggunakan Google Translate?

Alasannya adalah karena Google Translate sekarang dilengkapi dengan fitur Text to Speech, yang fungsinya adalah mengubah tulisan menjadi suara.

advertisement

Dengan fitur itulah kita bisa membuat narasi atau audio untuk dimaukkan ke dalam video yang kita buat dengan sangat mudah dan praktis. Untuk lebih jelasnya, kita perhatikan langkah-langkah di bawah ini.

Cara Paling Mudah Membuat Narasi Video dengan Google Translate

1. Buka alamat https://translate.google.com dengan browser apapun.

2. Klik tombol Indonesian, jika text yang digunakan adalah bahasa Indonesia. Tujuannya adalah penyesuaian irama agar sesuai dengan bahasa atau ejaan yang akan diucapkan oleh robotnya Google. Karena jika text yang Anda masukkan adalah bahasa indonesia, namun Anda menggunakan tombol English, tentu saja iramanya tidak akan sesuai dengan yang diharapkan.

Klik Tombol Indonesian

Klik Tombol Indonesian

3. Masukkan text apa saja, contohnya seperti ini :

Isi Text Sesuai Ejaan Bahasa Indonesia yang Baku

Isi Text Sesuai Ejaan Bahasa Indonesia yang Baku

4. Kemudian, Klik ikon Speaker atau Listen untuk mengeluarkan suara sesuai text.

Tombol Listen

Tombol Listen

5. Dengarkan hasilnya, jika ada kalimat yang kurang cocok, ubah dan gunakan tanda titik (.) atau koma (,) untuk mengatur jeda tiap kata atau kalimat.

6. Gunakan software Audacity atau software audio editor lain untuk merekam dan mengedit suara agar hasilnya sesuai harapan.

7. Selesai. Sangat mudah kan?

Audacity

Audacity


[ads2]

Mengingat Google Translate menggunakan sistem online, maka diperlukan jaringan internet dan terkadang masih kurang pas ejaannya, oleh karena itulah diperlukan audio editor seperti audacity untuk mengedit agar jeda suaranya pas didengar antara kata atau kalimat yang satu dengan yang lain.

Itulah Cara Paling Mudah Membuat Narasi Video dengan Google Translate. Biasanya cara ini digunakan oleh para penggiat upload video YouTube alias YouTubers. Dan sudah banyak video yang kami buat dengan bantuan Google Translate ini, hasilnya pun cukup memuaskan menurut kami.

Pencarian Terkini :

Cara Paling Mudah Membuat Narasi Video dengan Google Translate | Admin | 4.5