advertisement

Cara Mengatasi Boot Loop Zenfone 5

By On Monday, June 8th, 2015 Categories : Tips & Trik

[ads1]

Bootloop adalah masalah yang paling ditakutkan oleh para pemilik smartphone khususnya android. Karena umumnya bootloop harus dibantu dengan menggunakan PC / Laptop untuk menyelesaikannya.

Sekedar informasi, Bootloop adalah gagalnya suatu proses booting / loading suatu smartphone dikarenakan adanya masalah pada operating system atau aplikasi lain yang mengganggu dalam proses loading tersebut.

advertisement

Jika smartphone Anda dinyalakan dan muncul logo / merk smartphone tapi tidak pernah selesai sampai Homescreen / desktop. Berarti smartphone Anda dalam kondisi bootloop.

Beberapa kasus bootloop bisa selesai hanya dengan mereset data atau Factory Reset, namun sebagian kasus harus di flash alias diinstal ulang OS-nya. Untuk kasus flash pun ada banyak cara untuk melakukannya tergantung dari merk dan type masing-masing.

Dan untuk proses flashing pada Asus Zenfone 5 A500CG yang terpaksa harus dilakukan karena terjadi bootloop dan tidak bisa masuk ke Recovery Mode, berikut ini kami berikan informasinya sebagaimana yang kami kutip dari forum Asus.

advertisement

Cara Mengatasi Boot Loop Zenfone 5

Bahan yang harus disiapkan :

  1. Download dan install Intel Android Driver Setup
  2. Download Adb Driver [wpdm_package id=’2620′]
  3. Download Firmware Zenfone 5 A500CG disini.
  4. Download Recovery Image disini dan disesuaikan dengan Firmware yang akan digunakan. Misalnya, kita akan menginstall firmware versi 2.20.40.13 WW [UL-ASUS_T00F-WW-2.20.40.13-user], maka file Recovery Image yang di download adalah 2.20.40.13_ww_recovery.img. Jika berbeda, maka prosesnya akan gagal.

Proses Flashing

  1. Mengingat saat terjadi Bootloop hanya sampai logo Asus, maka USB Debugging tidak perlu dipermasalahkan.
  2. Ekstrak file Adb Driver dalam satu folder beri nama Adb Driver.
  3. Copy file Recovery Image, misalnya 2.20.40.13_ww_recovery.img. Masukkan pada folder Adb Driver.
  4. Masukkan Firmware Zenfone 5 ke dalam folder Adb Driver.
  5. Buka Adb Folder, tekan tombol ShiftKlik Kanan, pilih menu Open Command Prompt Here.
  6. Nyalakan Zenfone 5 dan masuk ke Droid Boot (Fastboot) dengan cara tekan bersamaan tombol Volume Up + tombol Power dan tahan selama 4 detik.
  7. Setelah masuk ke Fastboot, ketik pada Command Prompt : fastboot flash recovery <file Recovery Image.img> lalu tekan Enter. Contoh : fastboot flash recovery 2.20.40.13_ww_recovery.img 
  8. Setelah proses Recovery flash selesai, pilihlah menu Recovery Mode dengan cara tekan Volume Down sampai ketemu Recovery Mode lalu tekan tombol Power untuk memilih.
  9. Jika sudah Restart, akan muncul Gambar Robot Android dengan tulisan NO COMMAND, Tekan Volume Down + Tombol Power + Volume Up dan lepas Volume Up. Maka akan masuk ke Android System Recovery.
  10. Pilih menu Apply Update From ADB.
  11. Di Command Prompt, ketik adb devices hingga devices terdeteksi.
  12. Kemudian ketik adb sideload <file firmware>, lalu tekan enter. Untuk mempermudah, ganti saja nama UL-ASUS_T00F-WW-2.20.40.13-user.zip menjadi user.zip agar lebih singkat. Contoh : adb sideload user.zip.
  13. Tunggu sampai proses selesai 100% dan Zenfone akan restart sendiri.
  14. Proses ini bisa memakan waktu cukup lama, jadi bersabar saja hingga proses selesai.

[ads2]

Yang harus diperhatikan

  1. Menurut forum di Asus Zentalk, proses di atas hanya berlaku untuk Asus Zenfone A500CG dan tidak ada keterangan apakah bisa atau tidak untuk seri yang lain.
  2. Berhasil atau tidaknya sangat bergantung pada kondisi smartphone, software dan firmware. Dan sebagian besar sesuai komentar dalam forum tersebut proses di atas berhasil.

Itulah Cara Mengatasi Boot Loop Zenfone 5, semoga bisa membantu Anda yang sedang bermasalah dengan Zenfone Anda.

Pencarian Terkini :

Cara Mengatasi Boot Loop Zenfone 5 | Admin | 4.5