advertisement

3 Cara Mudah Merekam Siaran TV

By On Friday, May 1st, 2015 Categories : Tips & Trik

[ads1]

Fenomena YouTuber alias YouTube Publisher menjadi hal yang menarik ketika semakin banyak orang-orang yang berlomba untuk mengupload videonya ke YouTube untuk mencari penghasilan secara online.

Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan video baik berkualitas ataupun tidak, asalkan bisa menghasilkan dollar, video apapun diupload.

advertisement

Termasuk merekam acara yang sedang berlangsung di TV. Karena memang ternyata banyak juga yang mencari siaran ulang dari suatu acara televisi yang sudah diupload ke YouTube. Dan dari hasil pengamatan PalingPopuler.Com, ada beberapa teknik cara merekam acara televisi untuk dijadikan video yang akan di upload ke YouTube atau hanya untuk sekedar koleksi pribadi.

Dan kali ini, kami akan mencoba untuk memberikan informasinya secara teknis mengenai cara mudah merekan siaran TV, beserta kekurangan dan kelebihan teknik tersebut.

advertisement

3 Cara Mudah Merekam Siaran TV

1. Merekam Menggunakan Gadget seperti Smartphone, Handycam, Camera dll.

Merekam Televisi dengan Gadget

Merekam Televisi dengan Gadget

[ads2]

Kelebihan :

Cara ini bisa dikatakan merekam video tanpa ribet, karena cukup bermodalkan gadget yang kita miliki. Caranya adalah dengan menempatkan alat perekam ini persis di depan televisi yang akan kita rekam. Kita hanya perlu menyesuaikan jarak, cahaya dan suara.

Kekurangan :

Mengingat cara ini menggunakan teknik rekam langsung di depan televisi, maka akan sangat bergantung dari kejelasan televisi yang sedang kita rekam. Pencahayaan juga menjadi masalah tersendiri karena terkadang sinar yang dihasilkan dari televisi memantul ke kamera perekam sehingga hasilnya menjadi redup termasuk bergantung dari suara-suara dari luar yang mungkin bisa masuk ke rekaman.

2. Merekam Menggunakan USB TV Stick

Merekam Televisi dengan USB TV Stick

Merekam Televisi dengan USB TV Stick

Kelebihan :

Dengan alat ini kita bisa merekam secara langsung menggunakan software bawaan alat tersebut. Kita bisa langsung rekam cukup dengan mengklik tombol record dan proses perekaman pun berlangsung. Umumnya hasil rekaman ini sudah langsung menjadi file .mpg atau .wmv. Jadi kita tidak perlu me-render file mentahnya.

Proses perekaman ini juga tidak perlu terhubung ke internet, karena cukup menggunakan antena televisi yang terhubung ke USB TV Stick ini.

Kekurangan :

Karena menggunakan USB TV Stick yang memang khusus dibuat untuk menampilkan acara TV di Laptop atau PC, maka Anda berarti harus membelinya. Harga USB TV Stick sekitar 100 ribu sampai 250 ribu tergantung merk.

Hasil rekaman pun sangat bergantung dari hasil penangkapan sinyal dari antena televisi Anda.

3. Merekam Menggunakan Software Screen Capture

Merekam Televisi dengan Software

Merekam Televisi dengan Software

Kelebihan :

Cara ini hanya menggunakan software Screen Capture seperti CamStudio, Camtasia Studio, Ashampoo Snap atau lainnya, yang fungsinya adalah untuk merekam layar laptop / PC kita. Dan untuk cara merekam siaran televisi, kita cukup membuka web yang menyediakan layanan TV Online seperti mivo.com, mytrans.detik.com/live atau alamat TV online lainnya, kemudian jalankan software screen capture tersebut.

Kekurangan :

Kebanyakan Software Screen Capture adalah versi berbayar dengan harga yang lumayan menguras kantong kita. Sekalipun ada yang versi gratis seperti CamStudio, fitur yang ditawarkan sangat terbatas.

Dan proses perekamannya menggunakan jaringan internet untuk membuka web TV Online, jadi kecepatan akses internet sangat dibutuhkan untuk memastikan proses perekamannya berjalan dengan lancar tanpa ada proses buffering atau loading terlebih dahulu.


Kami sudah pernah menggunakan semua cara di atas untuk merekam acara televisi, termasuk membeli USB TV Stick. Namun mengingat Antena TV yang kurang tinggi, hasil gambarnya juga kurang bening dan belum memuaskan. Kami pun akhirnya menggunakan cara yang ketiga, yaitu menggunakan software Camtasia Studio karena kebetulan kami menggunakan internet berlangganan yang gabung dengan TV Kabel Firstmedia.

Itulah 3 Cara Mudah Merekam Siaran TV yang tentunya Anda bisa menggunakan cara di atas sesuai dengan kemampuan budget Anda.

Pencarian Terkini :

3 Cara Mudah Merekam Siaran TV | Admin | 4.5