advertisement

10 Cara Mudah Menghemat Baterai Smartphone Android Anda

By On Monday, March 14th, 2016 Categories : Tips & Trik

[ads1]

10 Cara Mudah Menghemat Baterai Smartphone Android Anda –¬†Berkat kecanggihannya, smartphone Android menjadi sangat nyaman digunakan oleh penggunanya. Namun, sumber daya baterai yang boros menjadi salah satu masalah yang seringkali dialami oleh semua smartphone, tak terkecuali Android. Terlebih jika hampir semua fiturnya telah Anda aktifkan, meski sebenarnya tidak semuanya efektif untuk digunakan. Android yang mendadak low batt tentu saja akan membuat Anda menjadi sangat kesal, padahal baru digunakan sekitar 5 jam saja. Agar baterai smartphone Android dapat lebih hemat,¬† maka Anda bisa menerapkan 10 Cara Mudah Menghemat Baterai Smartphone Android Anda berikut ini.

  1. Manfaatkanlah Power Control Widget agar aktivitas pengaturan dalam mematikan serta menghidupkan fungsi yang sedang dibutuhkan menjadi lebih mudah, sehingga Anda tidak perlu keluar masuk menu Setting.
  2. Hidupkanlah fungsi Auto Brightness dengan cara melakukan pengaturan melalui Settings > Sounds & Display > Brightness. Aktifkan lah Auto Brightness atau turunkan tingkat kecerahan dengan menggesernya ke kiri.
  3. Berbagai fitur pelengkap seperti audible selection, phone vibrate, orientation, haptic feedback, dan juga animation sebaiknya Anda matikan dengan cara masuk ke Settings > Sounds & Display. Karena Android tetap dapat Anda gunakan dengan baik meski tanpa berbagai fitur tersebut.
  4. Auto-sync account juga dapat Anda matikan dengan cara melakukan pengaturan melalui Settings > Account & Sync.
  5. Penggunaan live wallpaper sebaiknya Anda hindari. Bila perlu, pilih lah wallpaper dengan warna gelap. Wallpaper yang berwarna putih atau terang lebih baik jangan digunakan karena justru akan membuat baterai menjadi semakin boros.
  6. Ubahlah screen timeout menjadi yang paling cepat atau sesuai dengan kenyamanan Anda. Karena jika diatur dengan waktu yang paling cepat, misalnya saja 15 detik, terkadang justru akan membuat Anda merasa terganggu.
  7. Hindarilah penggunaan Wi-Fi secara terus menerus jika perangkat tidak sambil di-charge. Karena penggunaan baterai dapat terkuras habis dengan lebih cepat tanpa Anda ketahui.
  8. GPS dapat Anda aktifkan jika memang sedang dibutuhkan. Pastikan Anda tidak membiarkannya untuk terus menyala.
  9. Gunakanlah Advanced Task Killer yang dapat menghapus aplikasi secara otomatis jika tidak digunakan.
  10. Batasilah penggunaan widget yang terlalu berlebihan, khususnya yang mempunyai fungsi auto update seperti Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. Anda lebih baik memanfaatkan aplikasinya saat sedang membutuhkan.

Dengan demikian, baterai smartphone Android akan menjadi lebih hemat sehingga Anda dapat menggunakan perangkat dengan nyaman serta menyenangkan. Selamat mencoba!

advertisement

[ads2]

Pencarian Terkini :

10 Cara Mudah Menghemat Baterai Smartphone Android Anda | Admin | 4.5