advertisement

Data Apa Saja yang Harus Dilindungi Supaya Aman dari Pencurian

By On Sunday, August 6th, 2017 Categories : Software

PalingPopuler.Com mengabarkan tentang Data Apa Saja yang Harus Dilindungi Supaya Aman dari Pencurian.

pencurian data
Copyright ©job-like

Data Apa Saja yang Harus Dilindungi Supaya Aman dari Pencurian

Oketekno.com – Seiring berkembangnya dunia teknologi dan semakin canggih juga otak manusia memikirkan cara bagaimana cara melindungi data maupun mencuri data untuk kepentingan pribadi, dengan adanya kriminalitas tersebut tentunya Anda harus tau data apa saja yang harus dilindungi supaya tetap aman dan tidak menimbulkan kerugian.

pencurian data
Copyright ©job-like

advertisement

Banyak perusahaan besar yang mengandalkan Tim IT untuk menjaga kemanan data, misalnya saja sebuah bank besar yang sangat rawan terhadap pencurian karena ada suatu ketika orang mengambil hanya 100 rupiah saja untuk satu nasabah dari bank tersebut, bisa terbayang tidak 1 nasabah 100 rupiah?

Tapi kejadian ini tidak menjadi masalah tentunya bagi nasabah tersebut dikarenakan hanya kehilangan 100 rupiah saja per bulan karena itu suatu nilai yang bisa dibilang kecil, namun di sisi lain orang yang melakukan pencurian tersebut malah senang karena jika nasabahnya ada 100.000 orang bahkan lebih tinggal di kalikan saja berapa keuntungan yang di dapat 100.000*100= 10.000.000 per bulan.

advertisement

Itulah kenapa banyak orang yang harus memahami bagaimana cara melindungi data tersebut, tidak hanya sebuah perusahaan akan tetapi data personal juga tidak luput dari pencurian loh, contohnya saja kasus yang baru saja menyebar di dunia Cyber dan sempat mengegerkan Dunia yakni virus WannaCry dan yang terbaru saat ini adalah Petya. Dengan adanya virus tersebut kita harus mempertimbangkan adanya encrypt data supaya tetap aman terhadap pencurian.

Simak Nih: Cara Berkomunikasi Aman dengan Fitur Enkripsi

Menurut Yudhi selaku Technical Consultant PT Prosperita – ESET Indonesia ada 2 macam data yang harus di lindungi, yakni:

  • Data yang tersimpan

Nah untuk yang ini menyangkut semua data yang tersimpan di dalam komputer kita entah itu PC personal, server, gadget, Smartphone, dan lainnya. Tidak hanya itu perangkat penyimpanan portable seperti flashdisk maupun hdd portable atau yang lainnya, ini juga dapat dilindungi dengan mudah menggunakan Anti Virus, memang sudah banyak untuk saat ini jenis Antivirus yang menawarkan fitur Encrypt File sehingga data tetap aman terhadap pencurian.

  • Data yang bergerak

Ada orang yang tidak menyadari adanya hal ini, karena secara tidak sadar sebenarnya kita melakukan hal tersebut sehari-hari tapi tidak mengetahui tentang pengertian dari data bergerak, data bergerak yakni sebuah data yang dikirim melalui jaringan, baik itu melalui E-mail, Team Viewer, dan lainnya. Ini juga sangat rawan terhadap pencurian karena selama data lepas dari PC kita, sebelum masuk ke si penerima data tersebut mengambang di jaringan, meski hanya sebentar akan tetapi itu adalah kesempatan emas bagi seorang hacker untuk membelokkan data atau meng-copy data Anda.

Simak Yuk: Cara Mudah Bobol Password Wifi Layaknya Seorang Hacker

Jangan khawatir, bagi kalian yang sering melakukan kegiatan tersebut ini bisa diatasi dengan menggunakan teknologi SSL atau biasa disebut dengan Secure Socket Layer, tidak usah bingung untuk mencari keamanan tersebut karena untuk fitur ini sudah disediakan oleh pengembang aplikasi pesan tersebut.

Nah itu saja pengetahuan tentang data apa saja yang harus dilindungi supaya tetap aman dari pencurian maupun encrypt code demi keuntungan orang lain. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semuanya.

baca juga : Tips dan trik menjaga keamanan gadget kamu



Data Apa Saja yang Harus Dilindungi Supaya Aman dari Pencurian
Baca di Sumber Artikel

Data Apa Saja yang Harus Dilindungi Supaya Aman dari Pencurian | | 4.5