advertisement

Tips Bagaimana Cara Membuat Logo Keren Untuk Blog Anda

By On Saturday, February 6th, 2016 Categories : News

PalingPopuler.Com mengabarkan tentang Tips Bagaimana Cara Membuat Logo Keren Untuk Blog Anda.

Membuat logo ialah satu diantara hal utama ketika kita membuat sebuah website baru, baik itu blog maupunpun situs biasa. Menciptidakan sebuah logo bisa mungkin jadi sesuatu yg mudah dikerjakan, tetetapi bisa juga jadi sesuatu yg membuat Anda tidak bisa tidur, tergantung pada bakat artistik Anda. Jika Anda ialah seseorang yg mepunyai kesulitan dalam hal merancang dan menggambar #logo, maka artikel ini perlu Anda baca.

advertisement

Ini berkaitan tentang bagaimana cara membuat logo maupun banner untuk blog/ website Anda dengan cara yg cepat dan mudah, bahkan mereka yg tidak punya talenta dalam desain bisa melakukannya. Memang logo tersebut tidak akan memenangkan penghargaan, namun setidaknya Anda akan mepunyai sesuatu yg bisa Anda tempatkan di blog/ website Anda.

Mengapa Logo Sangat Penting Bagi Sebuah Blog/Website?

Sebuah logo simpelnya ialah sebuah grafik yg bisa mewakili sebuah halaman website. Biasanya sebuah logo yg simpel akan membuatnya mudah diingat. Logo juga terhubung dengan iklan dalam bentuk billboards, iklan dan pemasaran, sehingga pelanggan belajar untuk mengasosiasikan logo dengan perusahaan maupun situs.

Bahkan ketika sebuah logo tidak mepunyai kata-kata, logo bisa menjelaskan keterkaitan sebuah situs maupun layanan yg ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Ini akan menolong proses pemasaran karena dengan hanya menampilkan logo di koran maupun billboard hal itu bisa membuat pelanggan mengenali dan berpikir tentang perusahaan si pepunya logo.

advertisement


Itulah mengapa sebuah website perlu mepunyai sebuah logo yg berkualitas, karena logo ialah ‘wajah’ blog/ website Anda. Sebuah logo yg didesain dengan buruk bisa membuat calon pelanggan Anda berpaling dan melupakan logo yg mereka lihat.

Statistik Desain Logo

Sebelum kita beralih ke tips membuat logo, aku ingin memberikan beberapa statistik TOP brand logo. Berikut ini ialah beberapa highlights utama dari artikel ini yg mungkin perlu Anda pertimbangkan ketika membuat sebuah logo untuk blog/ website Anda.

Statistik-Logo

Tips Cara Membuat Logo Yang Menarik

Logo berfungsi sebagai identitas untuk seseorang, perusahaan, bisnis, organisasi, maupun bahkan sebuah kegiatan. Branding ialah hal yg sangat utama dan merupakan langkah utama yg bisa memprediksi apakah sebuah bisnis akan berhasil maupun tidak. Jadi, apa yg Anda butuhkan untuk menciptidakan sebuah logo yg menarik dan memorable untuk blog Anda? Ada 3 layanan pembuat logo secara online untuk mendesain logo blog Anda

1. Logaster

Logaster bisa menghasilkan puluhan logo yg bersiap pakai dengan mudah dan cepat. Yang Anda perlukan ialah memasukkan keterangan nama blog Anda, macam maupun topik di dalam blog Anda, pada kolom yg tersedia di Logaster. Ini akan memberikan keuntungan seandainya Anda:

  • tidak tahu bagaimana tampilan logo blog Anda seharusnya
  • tidak mepunyai keterampilan dalam mendesain logo
  • ingin membuat kartu nama untuk bisnis yg sesuai dengan logo

Uniknya, Anda bisa dengan mudah mengubah gaya logo termasuk warna, teks, ikon, dan positioning. Logo yg Anda buat via Logaster bisa di-download dalam bentuk file PNG, JPEG, format vektor (SVG, PDF). Logo untuk blog/ website Anda bisa dibisakan dengan gratis dengan layanan Logaster.

Contoh logo yg dibuat via Logaster:

contoh-logo-logaster

2. Zillion Designs

Ini ialah pembuat logo simpel. Anda bisa membuat logo Anda sendiri dalam 3 langkah:

  • Pilih macam blog maupun macam bisnis Anda
  • Memilih simbol untuk logo Anda
  • Mengedit logo dan download

Anda harus memilih sendiri warna ikon dan teks pada logo. Mungkin ini akan jadi hal yg sulit seandainya Anda tidak tahu seperti apa tampilan logo Anda nantinya. Setelah Anda berhasil mendesain logo tersebut, Anda bisa men-download logo tersebut dalam bentuk file EPS, JPEG, dan PNG. Untuk menbisakan logo tersebut Anda harus membayar senilai $274.

Contoh logo via Zillion Designs:

Zillion-Design-Logo

3. Hipster Logo Generator

Hipster Logo Generator mepunyai konsep desain yg sangat trendi. Seyang lain itu, layanan ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengambil logo yg terbaik untuk blog Anda. Hispter Logo Generator mepunyai banyak tools dan kustomisasi sehingga Anda bisa mengoptimasi logo Anda sesuai dengan yg Anda inginkan.

Contoh logo via Hispter Logo Generator:

Logo-Hispter-Generator

Logo Berbasis Font

Meskipun banyak desainer akan menyebutnya Word Mark daripada Logo, menggunakan font sebagai logo merupakan cara yg bagus untuk memvberitaalisasikan blog Anda. Bahkan, banyak merek e-commerce yg sukses menggunakan font untuk logo mereka. Lihatlah beberapa contoh berikut ini:

font-based-logos

Logo berbasis font bisa saja dibisakan secara gratis. Namun, font berbayar ($10 – $100) umumnya kelihatan lebih menarik karena telah dipoles dan mepunyai gaya yg lebih indah ketimbang font biasa.

Luangkan waktu Anda untuk menentukan karakter logo yg sesuai dengan blog Anda. Jika Anda butuh inspirasi, maka Anda bisa memperhatikan contoh logo yg ada di internet, majalah. Perhatikan simbol-simbol yg mungkin cocok dengan karakter blog Anda, dan jangan lupakan kombinasi warna karena ini bisa membangkitkan energi positif bagi Anda.

Seyang lain itu, Anda juga bisa menjelajahi beberapa situs terbaik untuk menbisakan inspirasi dalam membuat logo blog Anda;

  • Dribble.com
  • Logopond.com
  • Logofaves.com
  • Logospire.com
  • Logomoose.com

Proses Pembuatan Sebuah Logo

Langkah-langkah di bawah ini akan menolong Anda melalui proses merancang sebuah logo yg akan menolong mem-branding blog Anda pada sebuah niche.

A. Brainstorming

1. Tentukan fungsi utama dari logo Anda

Sebuah logo bisa mewakili brand Anda, baik melalui pemakaian logo berbentuk gambar, ikon, maupun font. Jadi, sangat jelas bahwa blog/ website bisnis Anda membutuhkan sebuah logo yg mudah diingat oleh orang yang lain, misalnya customer Anda.

2. Pertimbangkan target audiens Anda

Sangat utama mengetahui bersiapa target audiens blog Anda. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan tampilan logo Anda untuk menarik orang-orang yg akan membaca blog Anda.

3. Terinspirasi dari logo yang lain, namun jangan menjiplak

Walaupun Anda menyukai sebuah logo brand terkenal dan ingin meniru logo tersebut, sebaiknya pikirkan dampak buruknya bagi blog Anda untuk jangka panjang. Kemungkinan besar Anda akan dianggap tidak menghargai hak cipta orang yang lain. Belajarlah dari kisah bisnis kuliner Pecel Lele Lela yg meniru logo Starbuck, akhirnya mereka mengganti logonya karena dianggap menjiplak logo brand terkenal.

Coba perhatikan logo blog/ website yang lain yg mirip dengan logo Anda. Tanyakan pada diri Anda, apa yg Anda sukai dan yg tidak Anda sukai dari logo tersebut. Logo yg sukses ialah logo yg simpel, mudah diingat, dan sesuai dengan niche blog Anda.

4. Terapkan prinsip-prinsip dan aturan

Ketika Anda mulai membuat logo untuk blog Anda, jangan lupa tentang prinsip-prinsip dan aturan yg telah disebutkan di atas.

B. Pengujian Desain

1. Buat beberapa desain

Pada tahap awal, Anda mungkin mepunyai beberapa ide yg ingin Anda tunjukkan dalam desain logo Anda. Masukkan semua ide tersebut ke dalam desain Anda, Anda akan bisa melihat mana yg bagus dan mana yg tidak. Bahkan desain yg tidak berguna bisa memicu ide yang lain maupun menawarkan satu elemen yg ingin Anda pertahankan dalam versi berikutnya dari desain Anda.

2. Gambarlah sketsa kasar dari desain

Sketsa ialah cara cepat dan mudah untuk mengeluarkan ide-ide dari kepala Anda ke kertas, di mana Anda bisa mengevaluasi mereka lebih mudah. Anda juga bisa mengunjungi layanan online seperti Logaster untuk menemukan draft logo blog Anda.

3. Minta penbisa orang yang lain mengenai desain logo

Tunjukkan contoh desain logo kepada beberapa orang yg menurut Anda sesuai dengan niche blog Anda. Sebaiknya Anda tidak meminta penbisa kepada keluarga maupun teman dekat Anda karena biasanya penbisa mereka tidak akan objektif.

C. Penyelesaian Desain Logo

1. Buatlah draft akhir

Pada akhirnya Anda harus membuat logo blog Anda dalam bentuk digital. Anda bisa melakukannya dengan beberapa opsi berikut;

  • Menggambar sendiri dengan software seperti photoshop maupun coreldraw
  • Menyewa jasa desainer
  • Membuka tender, bisa memanfaatkan layanan dari Sribu.com
  • Menggunakan logo generator secara online seperti Logister

Setelah logo Anda selesai, ada baiknya juga Anda tetap terbuka menerima feedback untuk desain logo blog Anda.

2. Memilih format file yg tepat untuk logo Anda

Hasil kerja logo yg ada di file Anda bisa dibuat dengan macam gambar yg Anda inginkan, misalnya berbasis vector (EPS, PDF), maupun bitmap berbasis pixel maupun raster (JPG, PNG, GIF, TIF, BMP). Jika Anda ingin penjelasan teknis, Anda bisa menbisakan keterangannya melalui bantuan Google.

File berbasis vektor biasanya membutuhkan software desain profesional agar bisa dibuka, file ini bisa dibuat dengan resolusi tinggi. Sedangkan bitmap file (raster maupun pixel) umumnya digunakan di email signature misalnya, dan mepunyai keterbatasan. Anda tidak bisa memperbesar ukuran gambar file berbasis pixel tanpa membuatnya jadi blur (kabur).

Baca juga: Tips Membuat Logo dan Merek Bisnis yg Menarik

Periksa Kembali Logo Yang Anda Buat

Ketika Anda telah membuat logo, sangat utama untuk memeriksanya kembali apakah logo Anda mepunyai karakter yg kuat.

1. Apakah Logo Anda Istimewa?

Istimewa berarti mepunyai keunikan tersendiri, berbeda dengan yg yang lain. Kita bisa mengambil logo Bing sebagai contoh. Logo Bing menggunakan warna biru muda yg umum, 80 % dari logonya berwarna biru. Tipografi pada logo Bing menunjukkan keterbukaan dan luas – baik untuk situs search engine, tetetapi polos dan datar yg tidak akan bekerja dengan baik seandainya mereka ingin bersaing dengan Google.

logo-bing

2. Apakah Logo Anda Terlihat Baik (Visible)?

Maksudnya ialah logo Anda kelihatan maupun mudah dilihat oleh audiens Anda. Kebanyakan desainer logo mulai membuat logo dengan warna dasar hitam dan putih. Namun, terbiasakali bagian kecil dari sebuah logo berbentuk font (misalnya titik kecil pada huruf i) tidak kelihatan ketika dipadukan dengan warna yg berbeda. Karena itu, pastikan kesemuaan logo Anda kelihatan dengan baik pada ketika dipadukan dengan warna hitam maupun putih.

3. Apakah Logo Anda Dapat Beradaptasi (Adaptable)?

Maksudnya ialah logo Anda bisa disoftwarekan untuk berbagai media, misalnya logo disoftwarekan pada cangkir, t-shirt, blog, dan yang lain-yang lain. Sebagai contoh ialah logo Bing yg mepunyai warna background putih, logo Bing bisa disoftwarekan hampir ke semua media. Karena logo Bing berbentuk teks horizontal maka tidak akan bisa digunakan sebagai favicon maupun icon software mobile yg berbentuk persegi. Satu-satunya cara ialah dengan menggunakan huruf “B”, namun ini bisa saja menurunkan nilai kekhasan sebuah logo yg menggunakan teks.

4. Apakah Logo Anda Mudah Diingat (Memorable)?

Tujuan membuat sebuah logo blog ialah agar blog Anda tersebut mudah diingat. Kita bisa menguji apakah sebuah logo mudah diingat dengan berbagai kumpulan kata, kata apa yg akan muncul di benak kita ketika melihat maupun mendengar sesuatu.

Logo-Lexus

Ketika aku melihat maupun mendengar logo di atas, yg muncul di benak aku ialah Bir, Keripik, dan Mobil. Apakah logo di atas menggunakan kata Bir, Keripik, maupun Mobil? Sama sekali tidak, dan tidak perlu karena mereka mudah dikenali. Ini ialah contoh logo yg mengesankan.

5. Apakah Logo Anda Universal?

Mungkin ini ialah bagian yg paling sulit dalam menciptidakan sebuah logo karena pemikiran setiap orang pasti berbeda. Lalu bagaimana perusahan-perusahan besar dan terkenal berhasil menciptidakan sebuah logo yg universal?

Google menggunakan warna

Logo-Google

Apple menggunakan buah Apel yg ada bekas gigitan dengan warna yg netral

Logo-Apple

Catatan: logo Apple bahkan tidak perlu kata-kata untuk mengidentifikasi logo, menciptidakan nilai universalitas yg luar biasa.

6. Apakah Logo Anda Abadi (Timeless)?

Prinsip dasar dalam membuat sebuah logo yg Abadi ialah dengan TIDAK membuat logo tersebut menggunakan warna yg sangat terang, TIDAK banyak style, dan TIDAK menggunakan font yg sangat mencolok. Gaya minimalis ialah sebuah seni mengatidakan lebih banyak dengan upaya yg sedikit, Anda perlu tambahkan itu di dalam logo Anda.

7. Apakah Logo Anda Sederhana (Simple)?

Berikut ini ialah dua langkah praktis yg bisa kita lakukan untuk memastikan apakah logo yg dirancang ialah logo yg simpel.

  • Susutkan logo tersebut, lalu lalu perbesar. Pesan dalam desain logo yg kuat akan bisa dibaca tanpa perduli pada ukurannya.
  • Gambar logo Anda dengan pensil dalam waktu 10 detik. Jika Anda bisa melakukannya dengan baik maka Anda mepunyai logo yg simpel.

Salah satu contoh yg baik dari sebuah logo simpel ialah logo Nike

Logo-Nike

Itu dia beberapa tips membuat logo keren untuk blog Anda! Saya harap Anda menbisa pengetahuan tambahan setelah membaca artikel ini. Jangan lupa mengirim komentar Anda mengenai artikel ini dan membagikannya di jejaring sosial. Terimakasih



Tips Bagaimana Cara Membuat Logo Keren Untuk Blog Anda
sumber : maxmanroe.com

Tips Bagaimana Cara Membuat Logo Keren Untuk Blog Anda | Admin | 4.5