advertisement

Rambah Bogor, C-Gen Ikut Bangun Smart City

By On Monday, January 25th, 2016 Categories : News

[ads1]

PalingPopuler.Com mengabarkan : Rambah Bogor, C-Gen Ikut Bangun Smart City – Jakarta – Banyak yg meragukan Bogor dapat menerapkan konsep smart city atau kota cerdas. Pasalnya kesadaran tertib masih belum mengakar di masyarakat.

Isu ini disampaikan Walikota Bogor BimaAryadalam diskusi bertajukNgobrol Santai Smart People for Smart City Bogor di Balaikota Bogor, minggu ini.

advertisement

“Menurut aku logikanya haruskita balik,bagaimana teknologi itu mampu membangun kulturyang cerdas. Nah kehadiran banyak komunitas, termasuk C-Generation di Bogor membuat aku semakin optimistis kami lebih cepat menuju smart city,” ujarnya.

Suami dari Yane Ardian ini mengungkapkan, Bogor ketika ini sedang mengembangkan web ‘Eksotik Bogor’. Di web ini, mulai disajikan keterangan detail dan cepat mengenai Bogor.

“Teknologi sudah melahirkan partisipasi, transparansi dan efisiensi dalam menata Bogor menjadi kota cerdas, teknologi memberi setiap orang kekuatan, itu yg aku rasakan di Bogor,” sebutnya.

advertisement

Pembicara lainnya, Profesor Suhono Suharso Supangkat yg yaitu pembina C-Generation (C-Gen) mengatakan, C-Gen mengusung nilai connected, creative, collaborative, dan character yg diperlukan bagi membangun sebuah kota cerdas.

C-Gen sendiri adalah komunitas anak muda yg peduli,terutama di era perkembangan teknologi keterangan dan komunikasi yg pesat. Komunitas ini memamerkan bagaimana pemanfaatan TIK membuka kesempatan luas buat kalangan muda buat berkarya.

“Gaul tak mesti amburadul, itu semboyan C-Gen. Pengaruh negatif dari teknologi pasti ada, namun bukan berarti tak mampu dikelola. SDM Indonesia bagus, yg perlu selalu disempurnakan adalah pengelolaannya,” ujar pria yg juga penggiat smart city ini.

Pendapat senada disampaikan Hariqo Wibawa Satria, pembina relawan komunitas ‘Bogoh Ka Bogor’. Menurut Hariqo, persoalan di perkotaan bukan cuma kemacetan, bukan semata penataan pedagang, tapi juga semakin pudarnya jiwa relawan dari anak-anak muda.

“Smart city itu partisipasi, bukan instruksi, smart city tak saja dilihat dari keaktifan kepala daerah di media sosial, tapi dari kepedulian warganya di media sosial dan dunia nyata, kota cerdas adalah yg banyak partisipasi warganya,” kata Hariqo.

“Kalau Surabaya adalah Kota Pahlawan, maka kami sedang bekerja menjadikan Kota Bogor sebagai Kota Relawan, merupakan kota yg warganya membantu sesama tanpa pamrih, nilai-nilai ini harus ditanamkan sejak anak-anak kecil, caranya dengan meminta waktu anak-anak melakukan kerja sosial selama 30 menit atau 1 jam dari waktu yg tersedia 24 jam sehari,” tutupnya. (rns/rou)

Sumber: http://inet.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Rambah Bogor, C-Gen Ikut Bangun Smart City, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Related Post :

Rambah Bogor, C-Gen Ikut Bangun Smart City | Admin | 4.5