advertisement

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Custom ROM

By On Saturday, January 31st, 2015 Categories : News
[ads1]
Sebagian orang, terutama penggemar Smartphone Android mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Custom ROM. Namun bagi Anda yang ingin tahu tentang Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Custom ROM pada smartphone Android, informasi ini layak untuk Anda simak.

Pengertian Custom ROM

Sebelum masuk ke Custom ROM, kita pahami dulu pengertian dasar dari ROM. ROM singkatan dari Read Only Memory, secara teknis artinya adalah media penyimpanan yang hanya bisa dibaca dan tidak diijinkan untuk diedit. Di dalam ROM tersebut berisi file Operating System (OS) dan data-data yang diperlukan untuk kelancaran Operating System (OS) itu sendiri.
ROM pada gadget, biasanya disebut Firmware. Kalo di komputer ada Operating System Windows, Macintosh, Linux. Kalo di smartphone biasa disebut Operating System alias firmware Android, Apple, Mozilla.
Nah, terkait pengertian Custom ROM, artinya adalah ROM alias Operating System alias Firmware yang sudah dimodifikasi dengan tujuan untuk meningkatkan performa dari smartphone. Biasanya Custom ROM sengaja dibuat oleh orang-orang yang berpengalaman dengan programming dengan harapan smartphone bisa lebih baik dari ROM asli dari si pembuat smarphone atau biasa disebut dengan Stock ROM. Umumnya, Custom ROM menambahkan aplikasi agar lebih baik kinerjanya atau malah sengaja menghilangkan dan menghapus aplikasi-aplikasi tertentu yang hanya memakan kapasitas RAM padahal aplikasinya kurang bermanfaat.

Kelebihan (Keuntungan) dari Custom ROM

  1. Memperbaiki Aplikasi yang Kurang Optimal Kinerjanya. Kadang aplikasi bawaan smartphone kurang berfungsi dengan baik, dengan Custom ROM bisa diselesaikan misalnya aplikasi GPS yang sebelumnya lambat untuk menemukan posisi smartphone kita pada Google Maps, dengan perbaikan dari Custom ROM bisa lebih cepat prosesnya.
  2. Mengubah Versi Android Jadi Lebih Tinggi. Jika kita ingin meng-upgrade Android kita misalnya dari versi 4.0 atau Ice Cream menjadi 4.2 atau Jelly Bean, maka dengan Custom ROM kita bisa mengubahnya.
  3. Tampilan Android jadi Lebih Menarik. Mengingat tampilan bawaan smartphone kurang enak dilihat atau kurang cocok dengan keinginan kita, melalui Custom ROM, smartphone kita bisa lebih bagus lagi tampilannya. Walaupun sebenarnya kita bisa instal sendiri aplikasi launcher tanpa harus memakai Custom ROM.
  4. User Fiendly. Custom ROM biasanya membuat aplikasi atau widget tambahan untuk memudahkan pengguna android. Misalnya penambahan widget untuk konektifitas data. Biasanya kita harus masuk melalui menu Setting dan seterusnya lalu di On atau Off, dengan adanya widget tambahan, kita tinggal klik saja di halaman desktop smartphone kita.
  5. Menambah Kapasitas RAM. Hitungan matematikanya mungkin seperti ini, RAM smartphone sebenarnya 1 GB, namun karena termasuk pemakaian Stock ROM yang memakan kapasitas 400 MB, maka sisa untuk aplikasi tambahannya hanya 600 MB. Kapasitas Custom ROM biasanya lebih kecil dari  Stock ROM sehngga secara otomatis, kemampuannya untuk menampung aplikasi tambahan bisa lebih banyak lagi.

Kekurangan (Kerugian) dari Custom ROM

  1. Menghilangkan Garansi. Pastinya pembuat smarphone kita tidak mau bertanggung jawab jika Operating Systemnya diubah-ubah. Oleh karenanya, kita harus menerima resiko garamsi atas penggunaan Custom ROM.
  2. Tidak Bisa Pembaruan Firmware Otomatis. Banyak smartphone yang menyediakan update otomatis untuk memperbaiki firmware di smartphone kita. Namun mengingat Custom ROM biasanya dibuat oleh individu alias perorangan, jadi tidak membuat pembaruan otomatis.
  3. Beberapa Aplikasi Dihilangkan / Dihapus. Custom ROM biasanya dibuat untuk mengurangi pemakaian RAM agar RAM jadi lebih lega, jadi beberapa aplikasi tidak semua terpasang sebagaimana ROM bawaannya.
  4. Kadang Masih Ditemukan Error. Dengan adanya Custom ROM tidak semata-mata pasti bagus atau pasti lebih baik performanya, karena Custom ROM biasanya dibuat oleh individu, jadi sangat bergantung pada kemampuan pembuatnya.

Demikian informasi tentang Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Custom ROM, semoga bermanfaat.

Untuk menambah pengetahuan Anda, silakan baca juga 5 Game Gratis Android Paling Populer 2015 atau Koleksi Aplikasi Premium / Pro untuk Android.

[ads2]

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Custom ROM | Admin | 4.5