advertisement

Pemenang Tender Palapa Ring Diumumkan Sore Ini

By On Thursday, March 31st, 2016 Categories : News

[ads1]

PalingPopuler.Com mengabarkan : Pemenang Tender Palapa Ring Diumumkan Sore Ini – Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyatakan kalau pemenang tender proyek Palapa Ring II mulai diumumkan sore ini, Jumat (22/1/2016). Hal tersebut dikatakan Rudiantara selepas menghadiri acara Diskusi 5 Minutes for e-commerce 2016, di hotel Le Meridien, Jakarta.

Sayangnya ia masih enggan menyebutkan siapa konsorsium atau individu yg memenangkan tender tersebut. “Saya telah janji, tunggu saja sore ini. Nanti bukan aku yg umumkan, tetapi panitianya. Jadi kami tunggu saja,” kilah menteri yg akrab disapa Chief RA ini.

advertisement

Sebelumnya, Chief RA memang menyebut bahwa penetapan pemenang tender Palapa Ring II ini mulai diumumkan pada Q1 2016. “Ada delapan peserta tender, penetapan pemenangnya di kuartal pertama 2016. Nanti skemanya terstruktur, dipakai atau tak dipakai jaringannya tetap mulai ada jaminan pemerintah, 15 tahun disubsidi pakai dana USO — universal service obligation,” ujarnya ketika itu.

Dalam tender Palapa Ring ini, pemerintah berencana buat membuka akses di sekitar 56 ibu kota kabupaten yg masih terisolir jaringan broadband serat optik. “Nanti tendernya ada di barat Natuna, tengah Miangas, Maluku utara. Sedangkan daerah yang lain mulai dikerjakan oleh operator. Semua harus selesai 2018,” jelas menteri.

advertisement

Dari delapan perusahaan yg sudah lolos tahap prakualifikasi proyek pembangunan backbone serat optik senilai USD 230,64 juta itu, tiga di antaranya yaitu operator telekomunikasi, yakni Telkom, Indosat, dan XL Axiata.

Selain itu, ada dua konsorsium gabungan dua perusahaan. Kedelapan perusahaan yg lolos tersebut dibagi menjadi tiga kelompok sesuai dengan pembagian tiga paket proyek Palapa Ring jilid dua, yakni Paket Barat, Paket Tengah dan Paket Timur.

Pada paket Barat yg mencakup lima kabupaten/kota di Indonesia Barat dengan bentangan serat optik di laut sepanjang 1.122 km dan diestimasi menelan biaya sebesar USD 40,39 juta, mulai diikuti oleh enam perusahaan yakni iForte Solusi Infotek, Indosat, Konsorsium Mora Telematika IndonesiaKetrosden Triasmitra, Konsorsium Super Sistem UltimaHuawei, Telkom, dan XL.

Pada paket Tengah yg meliputi 17 kabupaten/kota di Indonesia bagian barat dengan bentangan serat optik di darat serta laut sepanjang 1.676 KM, diestimasi mulai menelan dana USD 47,08 juta mulai diikuti oleh enam perusahaan yakni PT iForte Solusi Infotek, PT Indosat Tbk, Konsorsium Pandawa Lima, Konsorsium Super Sistem UltimaHuawei, Telkom dan XL.

Terakhir pada paket Timur yg meliputi 35 kabupaten/kota di wilayah timur sepanjang 5.681 KM di laut dan darat dengan perkiraan proyek USD 143,18 juta mulai diikuti oleh PT iForte Solusi Infotek, PT Indosat Tbk, Konsorsium PT Matra Mandiri PrimaPT Hitachi High Technologies IndonesiaPT Partibandar Utama, Konsorsium Super Sistem UltimaHuawei, Telkom dan Huawei.

Penyelenggara Palapa Ring nantinya ditargetkan bisa menyediakan kecepatan akses minimal 20 Mbps di perkotaan dan 10 Mbps di pedesaan. (asj/fyk)

Sumber: http://inet.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Pemenang Tender Palapa Ring Diumumkan Sore Ini, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Pemenang Tender Palapa Ring Diumumkan Sore Ini | Admin | 4.5