advertisement

Mendidik Anak Bersama YouTube

By On Tuesday, January 12th, 2016 Categories : News

[ads1]

Di era digital ini, siapa yang tidak kenal YouTube? YouTube adalah website milik Google dengan alamat www.youtube.com, yang isinya adalah kumpulan video yang dikelola secara sistematis. Video yang terdapat pada YouTube diupload oleh para user yang sebelumnya sudah registrasi terlebih dahulu dan siapa saja bisa untuk menaruh videonya di YouTube.

Bagi sebagian orang, YouTube bisa jadi menjadi pilihan untuk menghibur diri, media belajar atau sumber rejeki. Namun untuk sebagian yang lain, YouTube bisa saja menjadi sumber petaka. Dan berikut ini kami sampaikan sedikit tentang dampak positif dan negatif dari YouTube :

advertisement

Dampak Positif :

– Bisa belajar banyak hal dari video tutorial, ceramah atau pelatihan

– Bisa menghibur diri dari video-video lucu, musik dan video clip

advertisement

– Orang dalam video bisa menjadi artis dadakan

– Bisa berbagi ilmu yang kita miliki

– Sarana promosi yang cukup efektif

– Meningkatkan kreatifitas dengan membuat video yang menarik

– Mendapatkan uang yang berlimpah dari video yang kita upload

Dampak negatif :

– Banyak video yang tidak layak tonton khususnya untuk anak-anak baik berupa kekerasan ataupun video seronok

– Dapat menjatuhkan nama baik seseorang atau organisasi maupaun instansi dengan video negatif yang diupload

Oleh karena itu, PalingPopuler.Com mengajak Anda semua untuk bijak dalam menggunakan media YouTube. Menggunakan YouTube hanya untuk sesuatu yang positif adalah pilihan terbaik bagi Anda.

[ads2]

Mendidik Anak Bersama YouTube

Untuk para orang tua, sangat kami sarankan agar anak Anda tidak menonton langsung tanpa didampingi oleh orang tua. Jika akan digunakan untuk membantu anak Anda dalam belajar, sangat dianjurkan agar videonya didownload terlebih dahulu untuk kemuadian diputar di handphone ataupun komputer.

Karena dalam YouTube, ada istilah Related Channel atau Related Video yang saat kita menonton satu video, ada video terkait lain yang kita tidak bisa otomatis memfilter alias menyaring video-video berikutnya. Sehingga dengan mudah anak bisa menonton video terkait lainnya yang terkadang kurang cocok untuk anak-anak.

Jika kita menyerahkan sepenuhnya kepada anak, akan sangat berbahaya dengan banyaknya video didalamnya. Karena ada banyak sekali video yang tidak layak untuk ditonton anak-anak sehingga dikhawatirkan bisa mengganggu perkembangan anak kita kelak.

Kami informasikan beberapa contoh video yang cukup layak untuk dijadikan media pembelajaran anak kita, terutama orang tua yang sedang mengajarkan anaknya mengenali huruf latin, huruf hijaiyah, kisah-kisah dan juga belajar tentang perilaku yang baik.

1. Video Anak Muslim Dodo dan Syamil

2. Belajar Bersama Diva

3. Kisah Nabi dan Rosul

4. Doa Sehari-hari

Untuk cara downloadnya, Anda bisa baca Cara Mudah Download Video YouTube di Android dan PC.

Ada juga yang menyediakan koleksi videonya dalam Facebook Fan Page : Koleksi Video Anak Muslim

Saran kami, memanfaatkan media YouTube hanya untuk sesuatu yang positif saja dan segera tinggalkan setiap sisi yang negatif.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda serta keluarga Anda. Jangan lupa baca juga cara Membuka 2 Akun Facebook dalam 1 Android Smartphone dan Aplikasi Radar Pesawat Terbaik untuk Penerbangan.

Pencarian Terkini :

Mendidik Anak Bersama YouTube | Admin | 4.5