advertisement

Bandara Ukraina Jadi Target Serangan Cyber Rusia

By On Thursday, February 18th, 2016 Categories : News

[ads1]

PalingPopuler.Com mengabarkan…Jakarta – Pemerintah Ukraina menyebut bahwa bandara utamanya yg bernama Boryspil menjadi target serangan cyber. Jaringan komputer pengatur dahulu lintas udara (air traffic control/ATC) mereka pun turut menjadi korban serangan tersebut.

Laporan ini dikeluarkan oleh Computer Emergency Response Team (CERT-UA) punya pemerintah Ukraina, yg menyatakan bahwa serangan tersebut berasal dari Rusia. “Perhatian kepada segala sistem administrator; kalian merekomendasikan pengecekan log-files dan keterangan traffic,” tulis CERT-UA dalam pernyataannya.

advertisement

“Pusat kontrol dari server di mana serangan itu berada di Rusia,” tambah juru bicara militer Ukraina Andriy Lysenko. Namun ia juga menyatakan bahwa malware yg menjadi inti dari serangan tersebut telah berhasil dinetralisir sebelum menyebabkan kerusakan.

Sementara juru bicara bandara Boryspil menyampaikan bahwa pihak berwajib ketika ini menginvestigasi apakah malware tersebut terkait dengan malware bernama BlackEnergy. “Ada dua bukti yg membuat keduanya kelihatan milik kaitan,” ujarnya.

BlackEnergy ini terlibat dengan serangan cyber yang lain yg menyerang sejumlah instalasi utama di Ukraina pada bulan Desember lalu. Saat itu, tiga pembangkit listrik di Ukraina mengalami mati mendadak akibat serangan malware tersebut.

advertisement

Sejumlah ahli menyatakan bahwa insiden tersebut adalah serangan cyber pertama yg dapat menyebabkan matinya jaringan listrik. Serangan tersebut kemudian dideteksi berasal dari sebuah kelompok yang berasal Rusia bernama Sandworm.

Aksi malware BlackEnergy pertama digunakan pada tahun 2007. Namun ketika hubungan antara Rusia dan Ukraina memanas, versi baru dari BlackEnergy kembali beraksi dan dipakai bagi menyerang Ukraina.

BlackEnergy didesain bagi mengumpulkan dan mencuri bermacam keterangan personal dari korbannya, demikian dikutip detikINET dari Reuters, Selasa (19/1/2016).

(asj/rou)

Sumber: http://inet.detik.com
[ads2]

Bandara Ukraina Jadi Target Serangan Cyber Rusia | Admin | 4.5