advertisement

Apple ‘Bunuh’ Developer Pengaturan Layar

By On Sunday, October 9th, 2016 Categories : News

[ads1]
Apple ‘Bunuh’ Developer Pengaturan Layar – Jakarta – Pembaruan iOS 9.3 Beta 1 membawa fitur baru bernama Night Shift. Sayang, hadirnya fitur pengaturan layar ini membuat Apple ‘membunuh’ pengembang yg menghadirkan aplikasi berkemampuan sama.

Aplikasi yg dimaksudkan adalah f.lux. Lewat aplikasi ini, pengguna bisa melakukan pengaturan layar ketika siang dan malam. Sehingga mata tetap nyaman di keadaan terik matahari dan menolong buat cepat tidur di malam hari.

Aplikasi f.lux hadir sejak November lalu. Tapi kemudian dimatikan oleh Apple dua pekan sebelum perilisan iOS 9.3 beta 1.

advertisement

Kehadiran f.lux pertama kali di iPhone memang bukanlah aplikasi resmi App Store. Perusahaan bermarkas di Cupertino, Amerika Serikat itu memang tak mengizinkan aplikasi manapun yg bisa mengubah pengaturan utama tersedia di toko aplikasi miliknya.

Alhasil, para pengembang mencari jalan yang lain bagi menginstal aplikasinya. Caranya lewat Sideloading yg membolehkan seseorang bagi mengunduh file aplikasi dan menginstalnya ke iPhone lewat Apple Xcode. Cara ini umum digunakan pengembang bagi menguji aplikasinya.

Rupanya gerak-gerik f.lux tersebut diketahui oleh Apple. Perusahaan besutan Steve Jobs itu lantas menghubungi pihak pembuat dan menyampaikan apa yg sudah dikerjakan melanggar perjanjian Developer Program. Mendapat peringatan tersebut sang pengembang terpaksa mengentikan f.lux di iPhone.

advertisement

Begitu iOS 9.3 Beta 1 dirilis pada 11 Janurai dan membawa fitur sejenis. Pengembang f.lux segera memberi tanggapan atas ulah Apple melalui akun resmi Twitternya @JustGetFlux.

“Original ideas are rare in our world,” tulis mereka seperti dikutip dari Business Insider, Senin (18/1/2016).

Beberapa hari sesudahnya, pengembang f.lux kemudian mengeluarkan pernyataan resminya. Mereka menyampaikan f.lux adalah komitmen besar dan yaitu langkah penting.

Mereka pun bangga f.lux membawa ide asli dan berguna buat kesehatan mata pengguna. Untuk itu mereka meminta Apple mengembalikan f.lux ke iPhone.

Sampai ketika ini Apple belum memberi tanggapan resminya. Tapi hadirnya Night Shift sepertinya sulit untuk f.lux mendapat restu. Aplikasi f.lux sendiri cuma tinggal versi desktop saja dan sudah diunduh lebih dari 15 juta kali. (afr/ash)

Sumber: http://inet.detik.com
[ads2]

Apple ‘Bunuh’ Developer Pengaturan Layar | Admin | 4.5