advertisement

10 Trik Agar IPhone “Lemot” Gesit Kembali

By On Tuesday, January 26th, 2016 Categories : News

[ads1]

PalingPopuler.Com mengabarkan : 10 Trik Agar iPhone “Lemot” Gesit Kembali –

advertisement

KOMPAS.com – Salah sesuatu alasan kenapa iPhone dipilih oleh banyak orang adalah karena antarmukanya yg mulus dan lancar.

Namun seiring dengan pemakaian, seperti halnya gadget lain, performa perangkat mulai menurun sehingga seringkali iPhone terasa lambat.

advertisement

Kadang-kadang, upgrade ke sistem operasi iOS terbaru juga dapat menjadi penyebabnya, membuat iPhone generasi lama justru jadi lemot.

Jika merasa performa iPhone telah tak seperti sedia akala, berikut adalah trik-trik yg mampu dikerjakan pemilik iPhone lama buat mempercepat kinerjanya, seperti dirangkum KompasTekno dari Digital Trends, Senin (25/1/2016).

1. Restart

Restart menjadi jalan keluar tercepat dan termudah seandainya iPhone telah akan lemot. Dengan restart, aneka cache yg tak terpakai mulai dibersihkan.

Tekan dan tahan tombol Sleep/Wake dan slide switch di layar bagi mematikan iPhone. Begitu mati, tekan dan tahan kembali tombol Sleep/Wake hingga logo Apple muncul.

2. Matikan efek visual

Efek visual di antarmuka menu memang membuat iPhone kelihatan keren, namun hal itu juga membebani hardware. Untuk mematikan fitur tersebut, bua menu Settings > General > Accessibility > Increase Contrast dulu ubah menu Reduce Transparency ke On.

Anda juga mampu mematikan fitur motion lewat menu Settings > General > Accessibility dahulu mengaktifkan pilihan Reduce Motion ke On.

3. Hapus aplikasi yg jarang dipakai

Periksa seluruh aplikasi dan game yg terpasang dalam iPhone, dulu uninstall yg tak dibutuhkan atau jarang dipakai.

Bersikaplah tegas. Aplikasi dan game yg jarang dipakai justru memenuhi memori dan berpotensi membebani sistem, seperti ketika berjalan di background.

4. Matikan Siri

Siri adalah fitur asisten pribadi dalam iOS. Siri dapat memberikan saran ketika melakukan pencarian dalam iOS 9, namun hal itu juga membuat smartphone jadi lemot.

Untuk mematikannya, buka menu Settings > General > Spotlight Suggestions > Siri Suggestions.

Fitur yang lain yg juga membebani sistem adalah “Hey Siri.” Jika ingin mematikannya, buka menu Settings > General > Siri.

5. Matikan download otomatis

Buka menu Automatic Downloads melalui Settings > App and iTunes Stores. Jika iPhone Anda menjadi satu-satunya perangkat yg terhubung dengan Apple ID, maka biarkan pilihan ini menyala (On).

Namun seandainya Anda memiliki banyak perangkat dengan sesuatu Apple ID, maka perangkat yang lain juga mulai mengunduh update aplikasi yg sebenarnya tak Anda gunakan atau tak dibutuhkan dalam iPhone Anda.

Untuk melakukan update, sebaiknya memakai koneksi WiFi dan mematikan menu Use Cellular Data lewat Menu Settings > App and iTunes Stores.

6. Gunakan aplikasi default

Aplikasi bawaan (default) dari Apple dirancang bagi bekerja secara lebih baik dengan iPhone. Mereka didesain bagi fungsi-fungsi umum seperti e-mail, navigasi, dan browsing web.

Memang terkadang secara fungsi aplikasi tersebut bukan yg terbaik, namun tetap dapat diandalkan buat mengejar performa.

7. Matikan Background App

Beberapa aplikasi terkadang tetap berjalan di belakang sistem yg sedang kami buka (background), seperti sinkronisasi data dan memperbarui konten tanpa disadari. Hal itu bis a memperlambat kinerja dan menguras baterai.

Untuk mematikannya, buka menu Settings > General > Background App Refresh dan matikan semuanya atau buat dua aplikasi saja sesuai keinginan.

8. Hapus file lama

Membersihkan file lama, seperti foto dan video yg telah dibackup, pesan teks lama, atau data yg tersimpan lainnya (cached) dapat memperlancar sistem.

Buka menu Settings > General > Storage & iCloud Usage > Manage Storage. Hapus yg tak Anda butuhkan. dua palikasi juga mampu di-uninstall dahulu dipasang lagi bagi menghapus data cache.

9. Membersihkan browsing history

Membersihkan browsing history di browser Safari dapat dikerjakan melalui menu Settings > Safari > Clear History and Website Data.

Membersihkan data cache di Safari memang sering mampu membuat browser bekerja agak lambat buat mengumpulkan data-data kembali, namun performa jadi lebih cepat seandainya file sampah itu dihapus sesekali.

10. Reset setting iPhone

Mereset iPhone menjadi cara terakhir yg mampu dikerjakan oleh pengguna seandainya cara-cara di atas telah tak mempan. Dengan reset, maka sistem dikembalikan seperti semula.

Untuk melakukannya, buka menu Settings > General > Reset > Reset All Settings. Namun sebelum melakukannya, ingat-ingat kembali Apple ID dan password yg Anda gunakan.
Sumber: http://tekno.kompas.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang 10 Trik Agar iPhone “Lemot” Gesit Kembali, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Pencarian Terkini :

10 Trik Agar IPhone “Lemot” Gesit Kembali | Admin | 4.5