advertisement

Telinga Berdengung Ciri Kualitas Pendengaran Turun

By On Saturday, February 6th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Telinga Berdengung Ciri Kualitas Pendengaran Turun –

advertisement

TINNITUS merupakan gangguan pada sistem pendengaran, penderita biasanya mendengar suara saat tak ada rangsang/stimulus berupa gelombang suara.

Menurut Dr Petter Tungland, tinnitus ialah persepsi suara saat tak ada sumber suara.Menurut Richard Tyler, PhD, kata Tinnitus berasal dari kata latin tinnere yg berarti berdering ataupun deringan, sehingga disimpulkan tinnitus merupakan persepsi suara yg tak diinginkan dengan penyebab dari dalam kepala, biasanya terlokalisasi, dan jarang didengar oleh orang lain.

advertisement

Berkurangnya kemampuan mendengar seseorang dengan Tinnitus bisa mengakibatkan menurunnya kualitas hidup orang tersebut. Gejala-gejala Tinnitus ialah, telinga mendengar dengungan, desis, gemuruh, hingga denyutan.

Para peneliti dunia sudah melakukan banyak penelitian mengenai tinnitus ini. Tinnitus bukanlah sesuatu penyakit, melainkan suara mengganggu yg terdengar ini biasanya ialah awal dari berkurangnya kualitas pendengaran seseorang. Pada suatu penelitian menyebutkan penyebab tinnitus merupakan adanya kesalahan pada mekanisme dasar penghantaran rangsang suara yg diterima dari telinga ke otak.

Tinnitus bisa diklasifikasikan jadi 2 jenis, yaitu;

  1. Tinnitus objektif: Suara bising yg didengar seseorang dengan tinnitus bisa di dengar juga oleh orang yang lain dengan memakai perangkat seperti stetoskop ataupun dengan mendekatkan telinga saja.
  2. Tinnitus subjektif: Suara bising cuma mampu didengar oleh seseorang dengan tinnitus itu sendiri.

Tinnitus objektif jarang ditemui, penyebab dari tinnitus macam ini umumnya sebab gangguan dari anatomi telinga dalam seperti disfungsi Tuba eustachii dan gangguan peredaran darah.

Tinnitus subjektif jadi salah satu faktor awal penyakit telinga, penyebabnya mampu berupa adanya sumbatan oleh serumen, kerusakan anatomi telinga luar atau dalam, dan mampu terjadi seandainya adanya gangguan sensorineural maupun lesi pada nervus yg mempersarafi telinga N. IX (N.Vestibulochoclearis).

*Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti (di bawah bimbingan dr Reza Aditya Digambiro, M.Kes, M.Ked(PA), Sp.PA).

Sumber: http://gayahidup.inilah.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Telinga Berdengung Ciri Kualitas Pendengaran Turun, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Pencarian Terkini :

Telinga Berdengung Ciri Kualitas Pendengaran Turun | Admin | 4.5