advertisement

Tak Ingin Cepat Pikun? Rutin Olahraga Aerobik Solusinya

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Tak Ingin Cepat Pikun? Rutin Olahraga Aerobik Solusinya –

advertisement

Jakarta, Manfaat olahraga untuk kesehatan otak terbukti besar. Studi memamerkan bahwa olahraga aerobik secara teratur bisa mengembangkan otak, bahkan saat telah dewasa.

Studi terbaru yg dikerjakan oleh Department of Psychology dan Department of Biology of Physical Activity, University of Jyvaskyla menyampaikan olahraga aerobik seperti lari dan sepeda menolong mengembangkan otak. Olahraga membuat proses neurogenesis di otak meningkat.

Neurogenesis merupakan proses pembuatan neuron (saraf) baru di otak. Dengan bertambah banyaknya neuron, maka otak akan lebih besar dan hippocampus, bagian otak yg menyimpan memori, bisa bekerja lebih baik.

advertisement

Baca juga: Demi Rp 1,4 Miliar, Ilmuwan Berlomba-lomba Temukan Cara Mengawetkan Otak

Dilansir Eurekalert, Selasa (9/2/2016), studi dikerjakan kepada dua ekosistem mencit, satu ekosistem diberi respons bergerak selalu menerus dan ekosistem lainnya dibiarkan tak bergerak. Ditemukan bahwa ekosistem yg bergerak teratur memiliki neuron 2-3 kali lipat lebih banyak.

Studi lainnya yg dikerjakan oleh Teresa Liu-Ambrose, profesor terapi fisik dan direktur dari Aging, Mobility, and Cognitice Neuroscience Laboratory di University of British Columbia, Vancouver, menyebut bahwa otak sama seperti otot. Jika tidak dilatih, neuron otak mampu menyusut dan menua, yg menyebabkan persoalan kognitif.

Untuk membuktikannya, ia melakukan studi kepada tiga ekosistem partisipan. Kelompok pertama diminta untuk olahraga angkat beban dua kali seminggu, ekosistem kedua satu kali seminggu sementara ekosistem ketiga tak diminta berolahraga namun cuma fokus pada latihan fleksibilitas.

Hasilnya memuaskan. Wanita pada grup kontrol, yg fokus pada keseimbangan dan fleksibilitas, memamerkan progres yg mengkhawatirkan pada jumlah lesi pada sumsum otak mereka. Begitu pula dengan wanita yg berlatih angkat beban seminggu sekali.

Tetapi, mereka yg berlatih dua kali seminggu memperlihatkan secara signifikan sedikit penyusutan  dari sumsum otak dibanding wanita lainnya. Lesi mereka memang tetap bertumbuh dan berlipat, tapi tak terlalu banyak. Mereka juga berjalan lebih cepat dan lancar dibanding dua ekosistem lain.

“Bagaimanapun, latihan angkat beban jelas sangat bermanfaat untuk kesehatan otak. Kita cuma tinggal meningkatkan apresiasi terhadap betapa bermanfaatnya olahraga bagi kita. Penemuan ini juga menyarankan bahwa angkat beban dapat secara bermanfaat mengubah struktur otak, tapi ada batas latihan minimal yg harus dicapai,” ungkapnya.

Baca juga: Tidak Dianggap Penting, Pelupa Sering Tak Dilaporkan ke Dokter(mrs/up)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Tak Ingin Cepat Pikun? Rutin Olahraga Aerobik Solusinya, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *