advertisement

Sulit Menyusu, Bobot Bayi Dengan Tongue Tie Derajat Berat Bisa Menurun

By On Thursday, October 6th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Sulit Menyusu, Bobot Bayi dengan Tongue Tie Derajat Berat Bisa Menurun –

advertisement

Jakarta, Tongue tie derajat berat pada bayi dapat berefek pada pertumbuhanya yg kurang optimal. Sebab, tongue tie membuat bayi sulit menyusu hingga ia tak mendapat asupan ASI dengan jumlah semestinya.

“Pada derajat yg berat tongue tie mampu menganggu proses menyusui. Sebab, bayi yg mempunyai tongue tie pada derajat tertentu kadang bisa mengalami kesulitan dalam menjulurkan lidahnya,” terang dr I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi SpA dari RS Bunda Jakarta.

Nah, kesulitan bayi dalam menjulurkan lidah mampu menyulitkan proses menyusui sebab lidah sejatinya perlu ‘memegang’ payudara supaya mampu melekat pada langit-langit atas mulut bayi. Demikian disampaikan wanita yg akrab disapa dr Tiwi ini ketika berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Selasa (9/2/2016).

advertisement

Baca juga: Infografis: 4 Tipe Tongue Tie pada Bayi

Meski tongue tie mampu berpengaruh pada proses bayi menyusu dan asupan ASI yg diperoleh, perlu diingat bahwa penyebab tak optimalnya kenaikan berat badan bayi harus dipastikan dengan benar, yaitu dengan menyingkirkan kemungkinan penyakit selain tounge tie terlebih dahulu.

Bimbingan menyusui, lanjut dr Tiwi, harus dikerjakan pada bayi dengan tongue tie. Apalagi seandainya bayi mengalami tongue-tie tipe satu dan dua, kegiatan menyusu secara tak segera akan meregangkan tali lidah bayi. Sebab, tali lidah diibaratkan dr Tiwi seperti karet gelang yg awalnya kaku, tetapi dengan gerakan termasuk ketika menyusu, frenulum akan meregang.

“Sekarang yg terjadi, ibu dibilang ada tongue tie segera takut. Padahal yakin diri ibu itu yg harusnya kita jaga supaya nggak turun. Begitu dikerjakan frenotomi yakin diri ibunya naik,” kata dr Tiwi.

“Tapi jangan salah, seringkali udah difrenotomi tetap berat badan bayinya nggak naik. Kenapa? sebab memang produksi asinya mungkin telah rendah,” pungkas pemilik akun instagram @drtiwi ini.

Baca juga: Cek Tongue Tie pada Bayi dengan Melihat Pelekatannya Saat Menyusu(rdn/up)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Sulit Menyusu, Bobot Bayi dengan Tongue Tie Derajat Berat Bisa Menurun, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Related Post :

Sulit Menyusu, Bobot Bayi Dengan Tongue Tie Derajat Berat Bisa Menurun | Admin | 4.5