advertisement

Suhu Makin Panas, Nyamuk Aedes Bisa Lebih Mudah Menyebarkan Penyakit

By On Saturday, February 6th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Suhu Makin Panas, Nyamuk Aedes Bisa Lebih Mudah Menyebarkan Penyakit –

advertisement

Jakarta, Beberapa hari yg kemudian World Health Organization (WHO) menginformasikan wabah virus Zika sebagai ancaman darurat kesehatan global. Pelaku penting yg menjadi biang penyebarnya merupakan nyamuk Aedes aegypti yg juga terkenal sebagai pembawa penyakit demam berdarah dan chikungunya.

Wabah Zika awalnya dimulai di Brazil pada tahun 2015 kemudian tetapi sekarang telah menyebar ke negara-negara di Amerika bagian utara bahkan Eropa. Mengapa penyakit ini dapat menyebar demikian cepat di Brazil disebut ahli kemungkinan ada hubungan dengan suhu dunia yg lebih hangat.

Profesor entomologi dan epidemiologi dari University of California Davis, Tom Scott, menyampaikan nyamuk dewasa umumnya memiliki umur pendek antara 10-12 hari. Selama itu pula virus memerlukan waktu dalam tubuh nyamuk untuk berkembang sehingga seringnya nyamuk akan mati duluan sebelum dapat manusia.

advertisement

Tapi kini menurut Scott dengan suhu yg semakin hangat maka virus dapat berkembang lebih cepat. Selain itu suhu hangat juga membuat nyamuk yg berdarah dingin dapat hidup lebih lama hidup dan aktif mencari darah.

Baca juga: Negara-negara Ini Masuk dalam Travel Advisory Menkes Terkait Zika

Hal serupa juga dikatakan oleh entomolog yang lain Bill Reisen dari universitas yg sama. Brazil pada September-November kemudian tercatat memiliki suhu 1,1 derajat celcius lebih panas dari normal dan beberapa kotanya bahkan alami musim panas terparah sepanjang sejarah.

“Dengan suhu yg lebih tinggi, Anda akan memiliki banyak nyamuk yg lebih terbiasa mencari makan sehingga tingkat infeksi juga menjadi tinggi. Virus juga akan mereplikasi diri lebih cepat sehingga nyamuk yg umurnya muda juga dapat menyebarkan penyakit,” kata Reisen seperti dikutip dari ABC News pada Jumat (5/2/2016).

Hal ini mungkin juga menjelaskan mengapa Eropa dan Amerika bagian utara yg lebih dingin dan biasanya tidak kerepotan dengan wabah nyamuk mulai terpengaruh oleh Zika.

Baca juga: Soal Ancaman Zika, Menkes Imbau WNI Tetap Waspada Saat ke Luar Negeri(fds/up)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Suhu Makin Panas, Nyamuk Aedes Bisa Lebih Mudah Menyebarkan Penyakit, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Pencarian Terkini :

Suhu Makin Panas, Nyamuk Aedes Bisa Lebih Mudah Menyebarkan Penyakit | Admin | 4.5