advertisement

Sama-sama Mengobati Tongue Tie, Apa Bedanya Frenuloplasty Dan Frenotomi?

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Sama-sama Mengobati Tongue Tie, Apa Bedanya Frenuloplasty dan Frenotomi? –

advertisement

Jakarta, Saat anak didiagnosis dengan tongue tie, ada kalanya dokter memberikan tindakan frenotomi. Tapi kadang dokter juga memberikan tindakan frenuloplasty. Apa perbedaannya?

Menurut dr Priscilla, SpBP-RE dari RS Bunda Jakarta, ‘plasty’ pada intinya memiliki arti yaitu membuat sesuatu yg baru maupun memperbaiki sesuatu. Jadi, frenuloplasty mampu dikatakan sebagai tindakan yg dapat dikerjakan untuk memperbaiki frenulum.

“Dia (frenuloplasty -red-) tak sekadar memotong tetapi benar-benar di-repair, dijahit lagi. Kita potong dan segera kita jahit lukanya. Jadi nggak dibiarkan terbuka,” ujar dokter yg akrab disapa dr Priscil tersebut kepada detikHealth dan ditulis pada Selasa (9/2/2016).

advertisement

Sementara frenotomi dikerjakan dengan memotong sedikit bagian frenulum dan biasanya tak membutuhkan tindakan jahitan setelahnya.

dr Priscil menambahkan, setelah frenuloplasty biasanya anak akan seperti memiliki tali lidah baru. Hanya saja, posisinya telah jadi lebih baik. Yang perlu diingat, pada tindakan frenuloplasty dokter tak akan menghilangkan frenulum.

“Sebab frenulum itu pasti ada dan berguna menjaga agar lidah tak kemana-mana. Jadi tak pernah kita potong frenulumnya sampai habis,” imbuh pemilik akun Instagram @priscilla.dr tersebut.

Baca jugaKenali, Gejala Tongue Tie pada Bayi yg Bisa Dirasakan Ibu

Lantas kapan anak cukup diberikan tindakan frenotomi ataupun harus frenuloplasty?

Frenuloplasty biasanya dikerjakan pada anak yg memiliki membran di tali lidah dengan bentuk tebal. Tindakan ini juga mampu diberikan pada anak dengan diagnosis tongue tie grade 4, yg umumnya memiliki membran tali lidah tebal.

“Lalu mampu juga dikerjakan pada anak yg memang ada gangguan pertumbuhan rahang. Kondisi seperti ini biasanya tidak cukup cuma dikerjakan frenotomi,” tutur dr Priscil.

Dari segi tenaga medis, frenulopasty biasanya dikerjakan oleh dokter spesialis bedah. Sementara frenotomi mampu dikerjakan oleh dokter spesialis anak.

Baca jugaInfografis: 4 Tipe Tongue Tie pada Bayi

(ajg/up)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Sama-sama Mengobati Tongue Tie, Apa Bedanya Frenuloplasty dan Frenotomi?, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *