advertisement

‘Sakuri’ Cara Sederhana Dan Murah Meriah Untuk Deteksi Dini Kanker Kulit

By On Friday, February 5th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : ‘Sakuri’ Cara Sederhana dan Murah Meriah untuk Deteksi Dini Kanker Kulit –

advertisement

Jakarta, Periksa payudara sendiri maupun sadari dikerjakan untuk mendeteksi dini kanker payudara. Nah, pada kanker kulit pun ada cara simpel dan murah meriah yg mampu dikerjakan untuk melakukan deteksi dini yaitu sakuri alias pemeriksaan kulit sendiri.

Onkolog dr Marlinda Adham SpTHT-KL(K) dari RS Cipto Mangunkusumo menyampaikan setidaknya, lakukan sakuri sebulan sekali. Sama seperti pada kanker payudara, sakuri bertujuan untuk melihat apakah ada lesi yg mencurigakan sehingga mampu dikerjakan pemeriksaan apakah lesi tersebut adalah ciri kanker kulit ataupun bukan.

“Ya sebelum mandilah kita lakukan pakai kaca besar gitu, kita lihat di kulit kita ini ada lesi apa nggak, terutama di bagian yg nggak ketahuan misalnya di ketiak, di bagian yg tertutup bra. Karena kan kalau di wajah terlihat ya, kalau di bagian seperti itu kan terbiasa terabaikan,” kata dr Linda ketika ditemui di RS Kanker Dharmais, Jakarta, Kamis (4/2/2016).

advertisement

Baca juga: Ilmuwan Ingatkan Kanker Kulit Mematikan Tampak Seperti Jerawat Biasa

Lesi sekecil apapun, menurut dr Linda perlu mendapat perhatian. Jika ketika melakukan sakuri ditemukan lesi, perhatikan lagi keadaan lesi di pemeriksaan selanjutnya. Selain lesi, gatal, benjolan, maupun kulit yg kasar juga patut diperhatikan.

Saat melakukan sakuri, periksa bagian depan dan belakang tubuh memakai kaca besar. Kemudian, periksa bagian samping kanan dan kiri tubuh dengan kedua lengan dinaikkan. Lalu, tekuk siku dan cermati bagian dalam atau luar lengan bawah, lengan atas, dan telapak tangan atau punggung tangan.

dr Linda menambahkan, jangan lupa amati bagian luar dan dalam tungkai sampai ke kaki, termasuk telapak kaki dan sela-sela jari kaki. Selain itu, amati pula bagian belakang leher dan kulit kepala dengan bantuan cermin kecil.

“Saat melakukannya, jangan lupa sisihkan rambut bergantian agar area belakang dapat kelihatan jelas. Terakhir, periksa bagian punggung dan bokong dengan bantuan cermin kecil,” pungkas dr Linda.

Baca juga: Kecanduan Tanning Sejak Remaja, Lisa Kena Kanker Kulit di Usia 33 Tahun

(rdn/vit)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang ‘Sakuri’ Cara Sederhana dan Murah Meriah untuk Deteksi Dini Kanker Kulit, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Related Post :

‘Sakuri’ Cara Sederhana Dan Murah Meriah Untuk Deteksi Dini Kanker Kulit | Admin | 4.5