advertisement

Rumah Sakit Bersih, Cegah Infeksi Nasokomial

By On Saturday, February 6th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Rumah Sakit Bersih, Cegah Infeksi Nasokomial –

advertisement

TERDAPAT beberapa prosedur dan tindakan pencegahan infeksi nasokomial. Tindakan ini adalah seperangkat tindakan yg didesain untuk menolong meminimalkan risiko terpapar material infeksi seperti darah dan cairan tubuh lainnya dari pasien kepada tenaga kesehatan maupun sebaliknya.

Pencegahan infeksi didasarkan pada asumsi bahwa semua komponen darah dan cairan tubuh mempunyai potensi menimbulkan infeksi baik dari pasien ke tenaga kesehatan maupun sebaliknya. Kunci pecegahan infeksi pada fasilitas pelayanan kesehatan ialah prinsippemeliharaan hygene yg baik, kebersihan dan kesterilan dengan lima standar penerapan yakni :

advertisement

  1. Mencuci tangan untuk menghindari infeksi silang. Mencuci tangan adalah metode yg paling efektif untuk mencegah infeks nasokomial, efektif mengurangin perpindahan mikroorganisme sebab bersentuhan.
  2. Mengunakan perangkat pelindungdiri untuk menghindari kontak dengan darah maupun cairan tubuh lain. Alat pelindung diri meliputi pakaian khusus (apron), masker, sarung tangan, topi, pelindung mata dan hidung yg digunakan di rumah sakit dan bertujuan mencegah penularan berbagai macam mikrooganisme dari pasien ke tenaga kesehatan ataupun sebaliknya, misalnya melaluin sel darah, cairan tubuh, terhirup, tertelan dan lain-lain.
  3. Manajemen device tajam secara benar untuk menghindari risiko penularan penyakit melalui benda-benda tajam yg tercemar oleh produk darah pasien. Terkait dengan hal ini,tempat sampah khusus untuk perangkat tajam harus disediakan agar tak menimbulkan kecelakaanpada tenaga kesehatan atau pada pasien.
  4. Melakukan dekontaminasi, pencucian dan strerialisasi instrumen dengan prinsip yg benar. Tindakan ini adalah tiga proses untuk mengurangi risiko transmisi infeksi dari instrumen dan perangkat yang lain pada klien dan tenaga kesehatan.
  5. Menjaga sanitasi lingkungan secara benar. Aktivitas pelayanan kesehatan akan menghasilkan sampah rumah tangga, sampah medis dan sampah berbahaya, yg membutuhkan manajemen yg baik untuk menjaga keamanan tenaga rumah sakit, pasien, pengujung, dan masyarakat.

Penyebab terjadinya infeksi nasokomial ialah biasanya akibat suntikan yg tak aman dan seringkali tak perlu, penggunaan device medis tanpa ditunjang pelatihan atau dukungan laboratorium, standar dan praktek yg tak memadai untuk pengoprasian bank darah dan pelayanan transfusi serta pengunaan cairan infus yg terkontaminasi, khususnya dirumah sakit yg membuat cairan sendiri.

Selain itu juga diakibatkan resistensi terhadap antibiotik sebab penggunaan antibiotik spektrum luas yg berlebih ataupun salah serta berat penyakit yg diderita

* Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti (dibawah bimbingan dr Reza Aditya Digambiro, M.Kes, M.Ked (PA), Sp.PA

Sumber: http://gayahidup.inilah.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Rumah Sakit Bersih, Cegah Infeksi Nasokomial, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Pencarian Terkini :

Rumah Sakit Bersih, Cegah Infeksi Nasokomial | Admin | 4.5