advertisement

RS Persahabatan Resmikan Layanan Kemoterapi One Day Care

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : RS Persahabatan Resmikan Layanan Kemoterapi One Day Care –

advertisement

Jakarta, Meningkatnya jumlah pasien kanker membuat RS Persahabatan berbenah. Hari ini, RS Persahabatan meresmikan layanan baru untuk pasien kanker yaitu kemoterapi one day care.

Direktur Utama RS Persahabatan, dr M Ali Toha, MARS, menyampaikan masalah baru kanker yg ditangani RS Persahabatan meningkat setiap tahun. Tak cuma kanker paru, masalah kanker yang lain seperti kanker saluran cerna, kanker tulang dan kanker otak juga meningkat.

Baca juga: Cerita Dokter Soal Rupa-rupa Keluarga Pasien Kanker Anak

advertisement

“Oleh sebab itu untuk meningkatkan pelayanan, kami membuka layanan kemoterapi one day care dengan fasilitas ruangan yg nyaman dan jadwal antrian yg pendek. Selain itu perangkat penunjang seperti CT Scan dan radioterapi 3D juga telah dapat digunakan,” tuturnya, dalam temu media di RS Persahabatan, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (5/2/2016).

Kemoterapi One Day Care (Foto: reza/detikHealth)

Dijelaskan dr Toha, layanan kemoterapi one day care membuat pasien tidak perlu lagi menginap untuk menjalani kemoterapi. Diharapkan dengan adanya layanan ini, ketakutan masyarakat untuk melakukan pengobatan jadi berkurang.

Ia berharap dengan semakin mudahnya pelayanan dan pengobatan, masyarakat akan lebih mau tiba ke rumah sakit untuk berobat kanker. Pasalnya, salah satu penyebab tingginya angka kematian akibat kanker ialah keengganan masyarakat untuk berobat ke dokter dan melakukan terapi alternatif yg tak terjamin kualitasnya.

Selain meresmikan layanan kemoterapi one day care, RS Persahabatan juga meresmikan simulator radioterapi baru. dr Elisna Syahruddin, SpP(K), PhD, konsultan onkologi paru dan mediastinum dari RS Persahabatan menyampaikan simulator ini membuat pengobatan kanker dengan radioterapi akan lebih efektif dan tepat sasaran.

“Jadi kalau dulu radioterapi kan sel sehatnya juga kena dan ikut rusak. Dengan adanya simulator ini, dokter akan lebih tepat melakukan radioterapinya, sehingga peluang sel sehat untuk rusak akan berkurang,” paparnya.

Kedua layanan ini dikatakan dr Toha bisa digunakan oleh semua pasien. Baik pasien swasta atau pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional.

“Hampir 90 persen pasien kami dari BPJS, menjadi ini dapat digunakan siapa saja, tak dibeda-bedakan. Jadi yg ingin berobat kanker silakan ke persahabatan sebab alatnya telah ada dan antrinnya tak panjang,” pungkas dr Toha.

Baca juga: Studi: Hampir Setengah Pasien Kanker di Asia Tenggara Bangkrut dalam Setahun

(mrs/up)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang RS Persahabatan Resmikan Layanan Kemoterapi One Day Care, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *