advertisement

Peneliti Sebut Temukan Virus Zika Di Air Liur Dan Urine

By On Sunday, February 7th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Peneliti Sebut Temukan Virus Zika di Air Liur dan Urine –

advertisement

Rio de Janeiro, Virus Zika bikin heboh dunia lantaran ditengarai terkait dengan kelahiran bayi dengan mikrosefali. Setelah sebelumnya ada dugaan virus Zika dapat menular melalui hubungan seksual, kini ada temuan baru lainnya. Dilaporkan virus Zika ditemukan di air liur dan urine.

Adalah Paulo Gadelha, Presiden Institut Penelitian Fiocruz di Brazil yg menyebutkan hal itu. Dalam sebuah konferensi pers, Gadelha menuturkan peneliti sudah menemukan virus Zika hidup di air liur dan urine yg menjadi sampel. Karena itu dicurigai dua cairan tubuh ini dapat menularkan virus Zika, meski memang butuh penelitian lebih lanjut.

Hasil itu didapat setelah tim peneliti Fiocruz mempelajari sampel dari dua pasien yg memamerkan gejala Zika dan ternyata mereka positif terkena penyakit tersebut. Tes pada kultur sel juga memperlihatkan virus dalam sampel dapat merusak sel-sel.

advertisement

Atas temuan itu, Gadelha menyarankan perempuan hamil untuk tak melakukan ciuman bibir untuk mengantisipasi penularan virus Zika melalui air liur. Selain itu disarankan pula untuk membatasi penggunaan device makan seperti piring, sendok dan gelas bersama-sama dengan orang-orang yg memiliki gejala virus Zika. Demikian dikutip dari news.com.au, Sabtu (6/2/2016).

Baca juga: Heboh Virus Zika, Menkes Sebut Belum Ada Peningkatan Kasus Mikrosefali

Myrna Bonaldo, yg memimpin penelitian mengaku terkejut dengan penemuan virus Zika di air seni lantaran Zika diyakini tak berkembang di media yg asam. “Setiap penemuan baru ialah kejutan bagi kami,” imbuhnya.

Atas temuan-temuan baru tentang virus Zika tersebut, menurutnya jadi tantangan bagi para ilmuwan untuk lebih memahami virus Zika.

Akan tapi sejumlah ahli merespons temuan itu dengan sangat hati-hati. Ini dikarenakan ukuran sampel yg sangat kecil sehingga belum mampu menggambarkan secara luas bahwa benar virus mampu menyebar melalui cairan tubuh manusia.

Baca juga: Negara-negara Ini Masuk dalam Travel Advisory Menkes Terkait Zika(vit/vit)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Peneliti Sebut Temukan Virus Zika di Air Liur dan Urine, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Pencarian Terkini :

Peneliti Sebut Temukan Virus Zika Di Air Liur Dan Urine | Admin | 4.5