advertisement

Pasca Frenotomi Bayi Dianjurkan Senam Lidah, Seperti Ini Prosedurnya

By On Wednesday, February 10th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Pasca Frenotomi Bayi Dianjurkan Senam Lidah, Seperti Ini Prosedurnya –

advertisement

Jakarta, Meskipun bayi dengan tongue tie telah diberikan tindakan frenotomi, bukan berarti tongue tie telah sembuh total dan tugas orang tua telah selesai lho. Senam lidah juga harus dikerjakan agar lidah bayi cepat sembuh dan tidak ‘menempel’ lagi.

Menurut dr Priscilla, SpBP-RE dari RS Bunda Jakarta, tindakan senam lidah ataupun massage biasanya dianjurkan untuk dikerjakan ibu pada bayinya sebelum menyusui. Yang perlu diingat, sebelum melakukan tindakan ini ibu harus cuci tangan sampai bersih.

advertisement

Jika memungkinkan ibu sebaiknya juga memotong kukunya terlebih dahulu, jangan sampai melakukan tindakan massage dengan kuku yg masih panjang. Selain berisiko melukai lidah, kuku yg panjang biasanya juga memiliki banyak kuman dan bakteri. Selain dengan jari, ibu juga dapat melakukan massage dengan memakai kasa.

“Caranya, di bawah lidah seperti diurut-urut yg bekasnya tongue tie (insisi) itu seperti dipijat. Terus pindah ke pipi untuk merangsang sebab sebenarnya bayi itu kalau ada rangsangan, lidahnya akan mengikuti. Lalu ke langit-langit, memutar ke rongga mulutnya saja,” ujar dokter yg akrab disapa dr Priscil tersebut kepada detikHealth dan ditulis pada Selasa (9/2/2016).

Baca juga: Kenali Frenotomi, Tindakan Medis untuk Bayi dengan Tongue Tie 

dr Priscil menambahkan, massage biasanya dikerjakan minimal selama seminggu setelah tindakan frenotomi. Namun dianjurkan selama menyusui, sebaiknya massage tetap dilakukan. Selain menyembuhkan lidah bayi, tindakan ini juga sekaligus bermanfaat untuk membersihkan rongga mulut bayi.

“Setelah tindakan, segera susui. Biasanya setelah prosedur frenotomi dikerjakan kami ajarkan massage dan latch on. Selain melatih anak, menyusu juga menghentikan perdarahan yg sedikit (itu pasti ada),” imbuh dokter dengan akun Instagram @priscilla.dr tersebut.

Selain setelah frenotomi, pasca tindakan frenuloplasty pun setelah anak sadar ketika bius totalnya telah habis, anak tetap dianjurkan untuk segera disusui. Alasannya, menyusu segera bisa mengurangi risiko mual dan muntah.

Baca jugaKenali, Gejala Tongue Tie pada Bayi yg Bisa Dirasakan Ibu

(ajg/up)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Pasca Frenotomi Bayi Dianjurkan Senam Lidah, Seperti Ini Prosedurnya, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Pencarian Terkini :

Pasca Frenotomi Bayi Dianjurkan Senam Lidah, Seperti Ini Prosedurnya | Admin | 4.5