advertisement

Pantangan Anak Pasca Frenotomi: Malas Senam Lidah Dan Diberi Botol Dot

By On Wednesday, February 10th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Pantangan Anak Pasca Frenotomi: Malas Senam Lidah dan Diberi Botol Dot –

advertisement

Jakarta, Pasca frenotomi, ada beberapa hal yg perlu diperhatikan orang tua agar lidah anak cepat sembuh dan tidak kembali ‘menempel’. Di antaranya merupakan tak memberikan dot dan malas melakukan senam lidah pada anak.

Seperti disampaikan dr Priscilla, SpBP-RE dari RS Bunda Jakarta, bahwa fisioterapi seperti senam lidah ‘wajib’ diberikan secara rutin pada anak pasca frenotomi. Ini dikerjakan supaya luka bedahnya tidak menempel lagi.

“Tongue tie menempel lagi itu sebab fisioterapinya kurang. Itu yg terbiasa disebut masyarakat dengan istilah ‘tumbuh lagi’,” tutur dokter dengan akun Instagram @priscilla.dr tersebut kepada detikHealth dan ditulis pada Selasa (9/2/2016).

advertisement

Baca juga: Pasca Frenotomi Bayi Dianjurkan Senam Lidah, Seperti Ini Prosedurnya 

Selain itu, dr Priscil juga menganjurkan para orang tua untuk tak memberikan botol dot terlebih dahulu pada bayinya. Menurutnya, ketika anak memakai dot maka lidah bayi cenderung akan berada di bawah saja dan tak bergerak ke atas. Kondisi seperti inilah yg akan berisiko membuat bagian bawah lidah anak kembali menempel.

“Paling tak jangan pakai dot dulu di awal-awal tindakan sampai benar-benar lukanya sembuh. Ya, sekitar seminggu maupun dua pekan setelah tindakan deh,” imbuh dr Priscil.

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh dr I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi SpA maupun dr Tiwi, dari RS Bunda Jakarta. Ia juga menganjurkan orang tua untuk menghindari penggunaan botol dot sebab menyusui segera ialah latihan terbaik untuk melatih lidah bayi pasca frenotomi.

Baca jugaKenali, Gejala Tongue Tie pada Bayi yg Bisa Dirasakan Ibu

(ajg/up)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Pantangan Anak Pasca Frenotomi: Malas Senam Lidah dan Diberi Botol Dot, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Pencarian Terkini :

Pantangan Anak Pasca Frenotomi: Malas Senam Lidah Dan Diberi Botol Dot | Admin | 4.5