advertisement

Operasi Pengecilan Payudara Pada Pria, Apakah Berbeda Dengan Wanita?

By On Sunday, February 7th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Operasi Pengecilan Payudara pada Pria, Apakah Berbeda dengan Wanita? –

advertisement

Jakarta, Minder sebab ginekomastia maupun membesarnya payudara pria dari ukuran normal sebab perkembangan kelenjar susu dapat membuat pria ingin melakukan operasi pengecilan payudara. Pelaksanaan operasinya pun berbeda dengan yg dikerjakan pada wanita.

Dijelaskan spesialis bedah plastik dari RS Onkologi Surabaya, dr Beta Subakti Nata’atmaja SpBP-RE(K), proses pengecilan payudara pada pria berbeda dengan wanita. Sebab, ukuran payudara pria lebih kecil. Sehingga, fokusnya yaitu membuang segala kelenjar susu yg ada dan membuang lemak di sekitarnya sehingga didapatkan bentuk payudara yg lebih baik maupun rata.

“Prinsipnya mirip tetapi dengan desain dan prosedur yg berbeda. Persiapan pra-operasinya kurang lebih sama, tapi pada keadaan curiga ada kanker, misal seperti ada benjolan, maka perlu ditegakkan dahulu kemungkinan kanker tersebut sebelum dikerjakan operasi pengecilan payudara,” tutur dr Beta.

advertisement

Dalam perbincangan dengan detikHealth, Jumat (5/1/2016), dr Beta menyampaikan tak ada syarat khusus saat pria hendak menjalani operasi pengecilan payudara. Tapi, ada perbedaan pada perawatan pasca operasinya. Pada wanita, mereka harus mengenakan bra khusus.

Baca juga: Kenapa Payudara Pria Bisa Membesar?

Pada pria, setelah operasi, kurang lebih selama dua bulan mereka akan memakai baju ketat ataupun compressive garment untuk menekan ataupun membentuk payudara agar rata. Pasca menjalani prosedur ini pun ukuran payudara pria tak akan membesar lagi.

“Selama kelenjar susu dan lemak telah dibuang, maka ukuran akan tetap,” ujar dr Beta.

Sebaliknya, untuk prosedur memperbesar payudara pria, dr Beta belum pernah menemukannya. Hanya, mampu saja hal itu terjadi pada masalah transeksual male to female. Untuk risiko memperbesar payudara pada pria, menurut dr Beta sama saja dengan wanita sebab memakai teknik dan implan yg sama. Persiapan pra-operasi pada pria lebih sederhana. Sebab, pada wanita harus diskrining kanker payudara dulu.

Baca juga: Waspada, Hal-hal Ini Bisa Bikin Payudara Pria Jadi Membesar

(rdn/up)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Operasi Pengecilan Payudara pada Pria, Apakah Berbeda dengan Wanita?, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Pencarian Terkini :

Operasi Pengecilan Payudara Pada Pria, Apakah Berbeda Dengan Wanita? | Admin | 4.5