advertisement

Obat Herbal Indonesia Siap Bersaing Di Dunia

By On Friday, January 29th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Obat Herbal Indonesia Siap Bersaing di Dunia –

advertisement

Cikarang – Persaingan pasar global semakin dinamis dan ketat. Hal ini terjadi juga di dunia farmasi dan kesehatan di Indonesia.

Untuk itu, Indonesia harus selalu mengembangkan riset dan menggali potensi produksi bahan baku obat, khususnya bahan baku aktif obat dari bahan alam asli Indonesia. Dengan potensi alam yg dimiliki Indonesia, PT. Dexa Medica sebagai salah sesuatu perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia melakukan riset bagi menemukan bahan baku obat herbal dan kemudian diproduksi buat menjadi obat jadi.

advertisement

Melalui DLBS (Dexa Laboratories of Biomolecular Sciences) PT. Dexa Medica sudah melakukan riset dan menemukan berbagai bahan baku aktif obat herbal dari bahan alam asli Indonesia. “Pada tahun 2000 kami berfikir bagaimana bahan herbal Indonesia mampu mendunia. Maka demikian kita berinfestasi di dunia riset,” kata Executive Director DLBS PT. Dexa Medica, Dr. Raymond R. Tjandrawinata, MBA, PhD, FRSC ketika ditemui di kantor DLBS, Cikarang, Rabu (27/01/2016).

Berawal dari keprihatinan terhadap dunia farmasi Indonesia yg hingga kini belum memiliki obat herbal yg mendunia, DLBS memulai langkah tersebut lebih awal. Dengan harapan, lanjutnya, sektor obat herbal semakin memiliki tempat di hati masyarakat terutama bagi para dokter.

Mengapa? Karena, kesulitan selama ini adalah, bahwa obat herbal belum sepenuhnya masuk dalam peresepan dokter. Hal ini terkait dengan minimnya pengetahuan dan riset terhadap hasil alam Indonesia yg dapat menjadi berbagai obat herbal.

“Pengggunaan obat herbal masih minim. karena obat herbalnya juga masih minim. Dokter masih takut buat meresepkan obat herbal kepada pasien. Karena itu, suatu obat herbal harus dikerjakan riset yg lebih baik. Dengan adanya hasil riset, kita dapat memberikan edukasi kepada dokter obat apa saja yg kita temukan buat mampu menyembuhkan berbagai penyakit,” paparnya.

Beberapa hasil riset yg berasal dari bahan alam asli Indonesia dan menghasilkan sejumlah produk obat herbal modern berhasil ditemukan pada riset DLBS. Salah satunya adalah dari daun legundi, rimpang jahe, daun saga, dan buah mahkota dewa. “Lima bahan alam tersebut diekstrak melalui teknologi modern Advanced Fractionation Technology (AFT) buat menghasilkan zat aktif Reconyl,” tambahnya.

Perlu diketahui, AFT yaitu proses ekstraksi buat mendapatkan fraksi spesifik yg memiliki aktivitas biologis. Dari lima bahan tersebut, mampu dihasilkan obat herbal bernama HerbaKOF yg bisa meredakan batuk.

“Kami memasukkan 100 persen bahan herbal alami dari hasil alam Indonesia. Manfaatnya meredakan batuk, meredakan, radang tenggorokan, melegakan pernafasan, hangatkan saluran pernafasan, dan tak menyebabkan kantuk,” ujarnya.

Masih menurutnya, dengan keberhasilan riset tersebut, setidaknya, langkah ini bisa mendukung program pemerintah dalam hal kemandirian bahan baku aktif obat nasional. Tidak cuma itu, momentum ini juga memberikan nilai tambah untuk Indonesia karena bahan baku aktif obat herba yg diproduksi dan tak cuma dipatenkan di Indonesia, tapi juga dipatenkan di dunia internasional.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Obat Herbal Indonesia Siap Bersaing di Dunia, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Pencarian Terkini :

Obat Herbal Indonesia Siap Bersaing Di Dunia | Admin | 4.5