advertisement

Mendadak Genius Setelah Cedera Otak, Bisakah Dialami Semua Orang?

By On Tuesday, February 2nd, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Mendadak Genius Setelah Cedera Otak, Bisakah Dialami Semua Orang? –

advertisement

Jakarta, Acquired savant syndrome ialah sebutan keadaan untuk orang yg mendadak dapatkan suatu kemampuan di bidang tertentu. Biasanya hal ini terjadi setelah ada kejadian cedera ataupun sakit parah yg memengaruhi otak.

Contoh sindrom ini seperti dialami Jason Padgett dari Amerika Serikat yg mendadak pintar matematika setelah alami gegar otak sebab kepalanya dipukul oleh orang tidak dikenal. Lainnya ada juga Pippa Taylor dari Inggris yg menjadi jago melukis setelah kepalanya alami benturan akibat terjatuh dari tangga.

Profesor Berit Brogaard dari University of Miami yg mendalami masalah Padgett menyampaikan sindrom savant ini mampu terjadi sebab cedera ‘membuka’ potensi bagian otak seseorang yg terpendam. Melihat dari perkara yg tercatat di jurnal medis, menurut Brogaard kemungkinan segala orang memiliki potensi tersebut.

advertisement

Baca juga: Orang-orang Cacat yg Memiliki Kegeniusan Luar Biasa

Studi yg dipublikasi pada Agustus 2013 di jurnal Neurocase memamerkan bahwa dengan stimulasi magnet maupun transcranial magnetic stimulation (TMS), potensi terpendam otak tersebut bisa ditarik keluar. Hal ini sudah diuji pada orang-orang normal meskipun efeknya cuma sementara.

Menurut Brogaard kemampuan yg permanen dapat diperoleh apabila terjadi juga perubahan struktural otak. Ketika ada neuron otak mati akibat cedera seperti perkara Padgett dan Taylor, ia akan melepaskan senyawa kimia yg mampu meningkatkan aktivitas sel di area sekitar dan ini terkadang membuat perubahan struktur.

Namun begitu kemungkinan situasi cedera untuk berkembang jadi acquired savant syndrome cukup kecil. Hanya ada sekitar 15 sampai 25 perkara yg tercatat di dunia medis.

“Acquired savant syndrome sangat-sangat langka,” pungkas Brogaard seperti dikutip dari livescience pada Senin (1/2/2016).

Baca juga: Gara-gara Terjatuh, Wanita Ini Mendadak Jago Menggambar Arsitektur(fds/vit)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Mendadak Genius Setelah Cedera Otak, Bisakah Dialami Semua Orang?, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Pencarian Terkini :

Mendadak Genius Setelah Cedera Otak, Bisakah Dialami Semua Orang? | Admin | 4.5