advertisement

Membawa Penumpang, Sopir Angkutan Umum Tak Boleh Diabaikan Kesehatannya

By On Wednesday, February 3rd, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Membawa Penumpang, Sopir Angkutan Umum Tak Boleh Diabaikan Kesehatannya –

advertisement

Jakarta, Dari sekian jenis pekerjaan yg ada, sopir angkutan umum ialah salah satu pekerjaan yg menurut ahli terbiasa terabaikan kesehatannya. Padahal di tangan sopir dapat menjadi ada puluhan nyawa orang yang lain yg jadi tanggung jawab.

Di tengah kegiatan cek kesehatan sopir gratis di Terminal Blok M, Jakarta, praktisi kesehatan dan presenter dr Lula Kamal berkomentar bahwa telah seharusnya sopir mendapat cek rutin tak cuma ketika musim mudik saja.

advertisement

“Sopir pesawat, pilot, itu cek kesehatannya bagus. Kalau sopir bus bagaimana? Kurang diperhatikan ya padahal waktu dia sakit membawa kendaraan itu membahayakan juga sekian banyak orang yg ikut,” kata dr Lula kepada media, Selasa (2/2/2016).

“Pernah nggak kita bertanya ketika naik angkutan umum kira-kira si sopir ini telah istirahat belum? Kalau di luar negeri salah satu yg dikejar merupakan status kesehatan sopir maupun seluruh orang-orang yg mengoperasikan mesin,” imbuhnya.

Baca juga: Cek Kesehatan Gratis untuk Para Sopir Angkutan Umum di Jakarta

Mengemudikan kendaraan sepanjang hari membuat para sopir angkutan umum rentan terkena penyakit sebab tubuhnya kurang bergerak. Sebagai contoh faktor risiko seperti tekanan darah, gula darah, kolesterol, dan asam urat mungkin dapat meningkat tidak termonitor.

Menurut dr Lula upaya aktif untuk melakukan pemeriksaan kepada semua sopir angkutan umum ialah hal yg tepat untuk dilakukan. Ini sebab tuntutan pekerjaan yg membuat para sopir sendiri kesadaran terhadap kesehatannya rendah sehingga jarang melakukan cek kesehatan.

Pengamatan lapangan di Terminal Blok M terbukti bahkan ada sopir bus dalam kota yg selama 40 tahun tidak pernah melakukan cek kesehatan.

“Bayangin kalau asam uratnya tiba-tiba kambuh, itu sakitnya setengah mati. Kira-kira bagaimana tuh dia nanti menyetirnya, nyetir di Jakarta itu tidak menyenangkan lho,” ucap dr Lula.

Baca juga: Tukang Ojek Diusulkan Dapat Pelatihan Bantuan Hidup Dasar

(fds/vit)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Membawa Penumpang, Sopir Angkutan Umum Tak Boleh Diabaikan Kesehatannya, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Pencarian Terkini :

Membawa Penumpang, Sopir Angkutan Umum Tak Boleh Diabaikan Kesehatannya | Admin | 4.5