advertisement

Kepala Terbentur, Penjual Furnitur Ini Mendadak Pintar Matematika

By On Tuesday, February 2nd, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Kepala Terbentur, Penjual Furnitur Ini Mendadak Pintar Matematika –

advertisement

Washington, Jason Padgett yg berasal dari Washington, Amerika Serikat, awalnya memiliki sedikit ketertarikan terhadap dunia matematika. Namun setelah dirinya alami gegar otak, layaknya cerita-cerita pahlawan super ia mendapatkan sebuah kemampuan yg tidak dimiliki sebelumnya.

Padgett mampu memvisualkan objek matematik dan konsep-konsep fisika secara intuitif. Cedera kepala yg dialami Padgett meskipun cukup hebat sepertinya sudah membuka bagian otak yg membuat seluruh objek di dunianya kelihatan memiliki struktur matematik.

advertisement

“Saya melihat bentuk dan sudut di mana-mana dalam kehidupan nyata. Mulai dari geometri sebuah pelangi sampai ke fraktal di dalam air yg jatuh secara spiral di drainase. Indah sekali,” kata Padgett kepada livescience dan dikutip pada Senin (1/2/2016).

Baca juga: Gara-gara Terjatuh, Wanita Ini Mendadak Jago Menggambar Arsitektur

Padgett yg kisahnya tertulis dalam buku ‘Struck by Genius’ merupakan satu di antara sedikit orang di dunia yg memiliki sindrom savant. Orang dengan sindrom savant mendapatkan kemampuan-kemampuan luar biasa setelah dirinya mengalami sakit ataupun cedera yg parah.

Profesor Berit Brogaard dari University of Miami yg mendalami perkara Padgett menyampaikan dalam studi medis diketahui cuma ada sekitar 15 sampai 25 perkara sindrom savant yg tercatat. Kebanyakan pemilik sindrom mendapatkan kemampuan artistik seperti melukis maupun bermain musik, sehingga membuat Padgett yg mahir matematika lebih spesial lagi.

Brogaard melakukan pindaian fMRI dari otak Padgett dan menemukan aktivitas signifikan di area hemisphere kiri tempat di mana tersimpan kemampuan matematik. Menurut Brogaard hal ini mampu dipicu setelah gegar otak dan beberapa neuron otak Padgett mati.

Dalam studi yg yang lain kelihatan bahwa saat ada neuron otak mati, ia akan melepaskan senyawa kimia yg dapat meningkatkan aktivitas di area otak sekitar. Peningkatan aktivitas tersebut biasanya akan menghilang pelan-pelan, namun terkadang mampu terjadi perubahan struktural di otak sehingga efeknya jadi permanen.

Baca juga: Orang-orang Cacat yg Memiliki Kegeniusan Luar Biasa(fds/vit)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Kepala Terbentur, Penjual Furnitur Ini Mendadak Pintar Matematika, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Pencarian Terkini :

Kepala Terbentur, Penjual Furnitur Ini Mendadak Pintar Matematika | Admin | 4.5