advertisement

Kenali Frenotomi, Tindakan Medis Untuk Bayi Dengan Tongue Tie

By On Wednesday, February 10th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Kenali Frenotomi, Tindakan Medis untuk Bayi dengan Tongue Tie –

advertisement

Jakarta, Anak didiagnosis tongue tie dan disarankan dokter untuk menjalankan prosedur frenotomi? Orang tua tidak perlu khawatir, umumnya tindakan ini aman untuk anak. Meskipun demikian, ada beberapa hal yg perlu diperhatikan orang tua.

Seperti disampaikan dr Priscilla, SpBP-RE dari RS Bunda Jakarta bahwa tindakan ini cukup aman bagi anak. Bahkan mampu dikatakan tidak akan menimbulkan nyeri pada si anak.

“Prosedurnya mudah saja. Bayi ditidurkan di tempat tidur maupun digendong, pokoknya kita dapat dapet akses enak lihat frenulumnya. Lalu digunting sampai ke belakang, tetapi nggak sampai di belakang ataupun pangkal lidah ya. Harus diawasi itu, jangan sampai terlalu ke pangkal sebab ada pembuluh darah di situ,” ujar dokter yg akrab disapa dr Priscil tersebut kepada detikHealth dan ditulis pada Selasa (9/2/2016).

advertisement

Dilanjutkan dr Priscil, sebaiknya tindakan ini juga tidak dikerjakan terlalu ke dasar lidah sebab tindakan di area tersebut rentan terjadi cedera di saluran kelenjar ludah. “Misalnya terjadi fistal, yakni ada lubang yg mengeluarkan liur selalu menerus, itu potensial infeksi dan sebagainya,” imbuhnya.

Namun yg perlu diingat, sebetulnya tidak segala diagnosis tongue tie harus dikerjakan tindakan tongue tie. Teknik yg digunakan pada frenotomi juga bermacam-macam, ada yg memakai gunting ataupun laser. Tapi pada dasarnya prinsip dari tindakan frenotomi sama-sama memotong frenulum.

“Asal bayi ini nggak tongue tie grade 4, nggak lengket banget ke bawah dan masih ada membran yg tipis, prosedurnya mampu kita lakukan di poliklinik saja, menjadi frenotomi tanpa bius lokal. Prosedur ini nggak nyeri sama sekali sebab memang nggak ada saraf di membran tersebut. Saraf adanya di pangkal lidah. Tapi ini khusus pada perkara kalau si bayi ada membran tipis ya,” tutur dr Priscil.

Menurut dr Priscil, membran tipis ini biasanya ampak seperti layar tipis yg ada di bagian bawah lidah anak. Di area tersebut memang tidak ada pembuluh darah, sehingga frenotomi biasanya berani dikerjakan di poliklinik sebab tak akan terjadi pendarahan.

Sebaliknya, seandainya dilihat membrannya tebal maka dokter biasanya tak akan memaksakan frenotomi di poliklinik, sebab pasti ada pembuluh darah di sana dan ada risiko perdarahan, sehingga perlu diberikan bius total. Nah, meski aman dan dikatakan tidak nyeri, namun frenotomi bukan berarti tidak milik komplikasi.

“Komplikasi yg mampu terjadi paling menempel ulang. Saat frenotomi, kita kan bikin luka, menjadi dia ada permukaan luka kebuka ya menempel lagi dong kalau tak dilatih. Itulah pentingnya fisioterapi untuk mencegah luka tak menempel lagi, menjadi lidah kebuka terus. Makanya sering-sering di-fisioterapi dan disusui,” pesan dokter yg memiliki akun Instagram @priscilla.dr tersebut.

Baca juga: Hai Bunda, Yuk Kenali Tongue Tie dan Lip Tie si Kecil

(ajg/up)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Kenali Frenotomi, Tindakan Medis untuk Bayi dengan Tongue Tie, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Related Post :

Kenali Frenotomi, Tindakan Medis Untuk Bayi Dengan Tongue Tie | Admin | 4.5