advertisement

Kenali Ciri-ciri Flu Perut Dan Infeksi Lambung

By On Thursday, February 4th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Kenali Ciri-ciri Flu Perut dan Infeksi Lambung –

advertisement

GASTROENTERITIS merupakan infeksi yg terjadi pada usus maupun perut yg disebabkan oleh beberapa macam virus. Kondisi ini ini juga dikenal dengan istilah flu perut, flu lambung, ataupun virus perut. Infeksi ini menyebabkan terjadinya mual, muntah, diare, kram perut, dan terkadang demam.

advertisement

Gastroenteritis menyebar melalui kontak jarak dekat dengan orang yg telah terinfeksi maupun sebab mengonsumsi makanan dan ataupun minuman yg terkontaminasi. Infeksi ini gampang sekali menyebar di fasilitas umum yg tertutup. Seperti di dalam ruang kelas, tempat perawatan anak, dan ruang perawatan umum.

Gastroenteritis jarang menyebabkan komplikasi pada orang yg keadaan tubuhnya secara keseluruhan sehat dan penderita umumnya akan pulih sepenuhnya. Namun keadaan ini berpotensi fatal bahkan mematikan, seandainya terjadi pada bayi, orang tua, dan orang yg bermasalah dengan sistem kekebalan tubuh.

Gejala gastroenteritis akan muncul antara 1-3 hari setelah Anda terinfeksi. Tingkat keparahan gejala beragam, mulai dari ringan hingga parah. Gejala ini akan bertahan selama 1-2 hari, tapibisa juga sampai 10 hari. Gastroenteritis menyerang bagian usus pada manusia, sehingga gejala yg muncul di antaranya, mual dan muntah, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, terkadang muncul demam, sakit kepala, dan sakit otot, sakit dan kram perut, diare berair tetapi tak mengeluarkan darah. Jika diare bercampur darah, infeksi yg mungkin terjadi mungkin berbeda dan lebih parah.

Gejala lainnya pada orang dewasa yg cukup parah harus langsung dibawa ke dokter seperti muntah dara, cairan yg diminum tak mampu ditahan sehingga muntah tiap kali setelah minum, muntah lebih dari 24 jam, demam di atas 40oc, buang air besar berserta darah, mengalami gejala dehidrasi seperti kurang buang air kecil dan mulut yg kering.

Sementara gejala pada bayi dan anak-anak yg cukup parah dan harus dibawa ke dokter ialah kelihatan lesu, diare disertai darah, demam tinggi, merasa sangat kesakitan maupun tak nyaman, mengalami dehidrasi, frekuensi buang air kecil dan volume urin merosot drastis, menangis tanpa air mata dan mulut kering.

Ada dua virus yg paling umum dapat menyebabkan Gastroenteritis yakni rotavirus dan rorovirus. Sementara faktor-faktor yg berisiko mengalami gastroenteritis yaitu anak kecil, anak kecil, anak sekolah dan yg tinggal diasrama, orang lanjut usia, orang dengan sistem tubuh yg lemah, tak mencuci tangan dengan bersih serta mengonsumsi makanan kotor.

Pencegahan Gastroenteritis dapaat dikerjakan dengan mencuci tangan, terus menggunakan peralatan pribadi, menjaga jarak dengan orang yg terinfeksi gastroentroenteritis, dan membersihkan barang-barang pribadi.

Juga perlu menghindari mengonsumsi makanan mentah, baik sayuran atau buah-buahan yg setelah dikupas maupun disentuh oleh tangan orang lain, sertajangan mengomsumsi daging yg tak dimasak dengan matang. Pastikan meminta orang untuk memasak dengan matang.

Belilah air minum dalam kemasan untuk menghindari mengonsumsi air yg terkontaminasi. Termasuk ketika kamu menggosok gigi, disarankan tetap memakai air kemasan. Hindari mengomsumsi es batu yg kebersihannya tak terjamin, mampu menjadi air yg digunakan untuk membuat es batu telah terkontaminasi oleh virus.

* Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti (di bawah bimbingan dr Reza Aditya Digambiro, M.Kes, M.Ked (PA), Sp.PA).

Sumber: http://gayahidup.inilah.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Kenali Ciri-ciri Flu Perut dan Infeksi Lambung, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Pencarian Terkini :

Kenali Ciri-ciri Flu Perut Dan Infeksi Lambung | Admin | 4.5