advertisement

Kena Kanker, Katherine Tulis Buku Untuk Jelaskan Kondisinya Pada Anak-anak

By On Thursday, October 6th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Kena Kanker, Katherine Tulis Buku untuk Jelaskan Kondisinya pada Anak-anak –

advertisement

Suffolk, Meski mengakui ‘ada yg berbeda’ pada payudaranya, Katherine Simpson-Jacobs (43) tidak pernah menganggap hal itu penting. Barulah enam bulan lalu Katherine menetapkan mendatangi dokter.

Saat itu, ia mengajak salah satu putrinya. Namun sang dokter menyampaikan kiranya tidak ada persoalan dengan payudara Katherine. Hanya saja, ia merekomendasikan agar ibu dua anak ini mendatangi klinik perawatan payudara untuk mendapatkan pemeriksaan yg menyeluruh.

“Kalau Anda tiba ke klinik seperti ini, mereka akan memeriksa Anda kemudian meminta Anda melakukan mammogram, dan ini tak menyenangkan sama sekali,” katanya.

advertisement

Namun Katherine tidak milik pilihan lain. Kekhawatiran Katherine jadi tidak terbendung saat setelah hasil mammogramnya keluar, ia dirujuk untuk menjalani biopsi. Dan benar saja, ia dinyatakan mengidap kanker payudara.

Saat itu bulan Agustus 2013, dan kanker payudara Katherine masih dalam stadium awal. “Tidak ditemukan benjolan yg seharusnya jadi kunci penting, karena orang berpikir kanker di payudara itu ya benjolan. Tapi ternyata perubahan apapun mampu mengindikasikan hal itu,” jelasnya.

Baca juga: Tak Punya Faktor Risiko Tapi Seseorang Bisa Saja Kena Kanker Payudara

Akan tapi ia tidak mau membuat kedua putrinya ketakutan maupun tidak dapat memahami apa yg terjadi sebab usia mereka yg terlalu muda. Itulah sebabnya ketika pengobatan Katherine menetapkan merahasiakannya dari anak-anaknya; Anna yg ketika itu masih berumur 6 tahun dan Sofie 4 tahun.

Kendati demikian, kepada Daily Mail, Katherine mengaku ‘sangat terbebani’ dengan kenyataan bahwa cepat ataupun lambat, ia harus memberitahu kedua putrinya tentang hal itu.

Wanita yg tinggal di Suffolk ini pun berinisitif untuk mendatangi pusat keterangan kanker payudara dan menanyakan apakah mereka memiliki materi yg mampu membantunya menjelaskan kepada anak-anak tentang kanker dengan cara yg lebih gampang dipahami anak-anak.

Hanya ada satu buku yg berjudul ‘Mummy’s Lump’ yg mereka rekomendasikan. Dalam buku itu digambarkan seorang wanita tengah menjalani kemoterapi dan kehilangan segala rambutnya. Bagi Katherine, buku ini justru akan membuat kedua putrinya kebingungan.

Salah satu halaman dalam buku ‘What We Did When Mummy Got Cancer’ (Foto: Katherine Simpson-Jacobs)

Katherine lalu menetapkan melakukan sesuatu untuk menolong para ibu yg juga mengidap kanker di luar sana. Selama menjalani pengobatan, Katherine menulis buku berjudul ‘What We Did When Mummy Got Cancer’.

Buku ini berisi penjelasan tentang diagnosis dan proses pengobatan yg harus dijalani seorang ibu dengan kanker, dalam uraian yg gampang dipahami seluruh usia, terutama anak-anak. Untuk memudahkan mereka, buku ini juga diberi ilustrasi yg menarik oleh Charlotte Jade O’Reilly.

“Sekarang mereka nyaman-nyaman saja seandainya diajak bicara tentang kanker, misal saat mendengar kata itu disebut di radio,” ungkap Katherine lega, seperti dikutip Selasa (9/2/2016).

Berkat dukungan dari Ipswich Hospital dan yayasan lokal bernama Cancer Campaign di Suffolk, buku itu kini telah bersiap dilempar ke pasaran. Mereka bahkan menyediakan versi digital yg dapat diunduh di situs resminya, www.whatwedidwhenmummygotcancer.co.uk.

Baca juga: Belum Menikah dan Menopause, Mungkinkah Kena Kanker Payudara?

Kini tepat setahun Katherine dinyatakan berada dalam kondisi remisi dan kembali ke pekerjaannya sebagai guru.(lll/up)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Kena Kanker, Katherine Tulis Buku untuk Jelaskan Kondisinya pada Anak-anak, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Kena Kanker, Katherine Tulis Buku Untuk Jelaskan Kondisinya Pada Anak-anak | Admin | 4.5