advertisement

Kemenkes Ungkap Review Penelitian Warsito

By On Thursday, February 4th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Kemenkes Ungkap Review Penelitian Warsito –

advertisement

Jakarta – Plt. Kabadan Litbangkes Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Medikolegal, drg. Tritarayati SH, MHKes, menjelaskan hasil evaluasi dan review device terapi pengembangann teknologi penyembuh kanker.

advertisement

Menurut Tritayati, terdapat lima poin yg bisa dicermati dari evaluasi perangkat electrical Capacitance Volume Tomography (ECVT) dan Electro Capacitivi Cancer Treatment (ECCT) hasil pengembangan teknologi penyembuh kanker untuk para penderita kanker.

“Poin pertama, hasil evaluasi tim review yg terdiri dari Kemenkes, Kementristekdikti, LIPI KPKN, menunjukan bahwa ECCT belum mampu disimpulkan keamanannya,” ujar Tritayati ketika ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Rabu (03/02/2016).

Kemudian, poin kedua, penelitian ECCT akan dilanjutkan sesuai dengan kaidah pengembangan perangkat kesehatan sesuai standar, dikembangkan melalui pipeline pengembangan device ECCT per macam kanker, mulai dari pra – klinik sampai dengan klinik sesuai dengan kaidah cara uji klinik yg baik (GCP), dengan difasilitasi dan disupervisi oleh Kemenkes dan Kemenristekdikti.

Untuk poin ketiga, masih menurut Tritayati, sudah dibentuk konsorsium yg mengawal pengembangan device ECVT dan ECCT yg telah mulai kerja sejak awal Januari 2016 dnegna membuat protokol penelitian uji – klinik dan akan mendorong percepatan penyelesaian tahapan penelitian.

Selanjutnya, pada poin keempat, penelitian pra klinik dilaksanakan oleh Konsorsium (Kemenristekdikti dan Kemenkes) dan seandainya hasilnya baik dilanjutkan dengan uji klinik yg dilaksanakan di fasilitas pelayanan kesehatan (RS pendidikan) yg ditunjuk.

Untuk poin kelima, pasien lama yg selama ini memakai ECCT diarahkan mendapatkan pelayanan standar di 8 RS. Pemerintah yg ditunjuk seperti RS. Hasan Sadikin, RS. Dr. Karyadi, RSCM, RS. Sanglah, RS. Persahabatan, RS. Sardjito, RS. Soetomo, RS. Dharmais, dan RS. yang lain yg bersedia. Jika pasien menghendaki penggunaan device ECCT tetap diperbolehkan bersamaan dengan pelayanan kesehatan yg dijalani.

“Jadi memang kenapa 8 RS yg dituju. Ini pendekatan ke pasien, misalnya pasiennya dari Yogyakarta, tak perlu ke Jakarta, cuma perlu ke RS. Sardjito. Kami terus mengedukasi kepada masyarakat bahwa, ayo kembali ke pengobatan konfensional. Tapi seandainya masih ingin menggunakan, ya harus dengan pelayanan kesehatan,” ungkap Tritayati.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Kemenkes Ungkap Review Penelitian Warsito, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Pencarian Terkini :

Kemenkes Ungkap Review Penelitian Warsito | Admin | 4.5