advertisement

Jika Anak Perlu Tindakan Frenotomi Namun Tak Dilakukan, Ini Akibatnya

By On Wednesday, February 10th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Jika Anak Perlu Tindakan Frenotomi Namun Tak Dilakukan, Ini Akibatnya –

advertisement

Jakarta, Karena berbagai alasan tertentu, seringkali orang tua tetap enggan membawa anak ke dokter untuk dikerjakan tindakan frenotomi. Padahal seandainya anak memang dianjurkan melakukan frenotomi namun tidak dilakukan, risikonya cukup mengganggu tumbuh kembangnya.

Seperti dicontohkan oleh dr Priscilla, SpBP-RE maupun dr Priscil dari RS Bunda Jakarta, bahwa beberapa perkara tongue tie dengan grade 4 seandainya tak dikerjakan frenotomi maka mampu memengaruhi pertumbuhan rahang anak.

“Rahang bawahnya kecil gitu menjadi tak mampu maju. Tapi sepengalaman saya, tak segala tongue tie grade 4 sampai menimbulkan efek gangguan rahang. Cuma memang ada yg mengganggu anatomi rahang seiring pertumbuhan anak,” tutur dr Priscil kepada detikHealth dan ditulis pada Selasa (9/2/2016).

advertisement

Ditambahkan oleh dr I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi SpA maupun dr Tiwi, dari RS Bunda Jakarta, bahwa tongue tie yg tidak diobati juga bisa mengakibatkan pengucapan lafal beberapa huruf tertentu tak jelas, misalnya pada huruf ‘R’. Beberapa masalah tongue tie juga kadang mengganggu perkembangan gusi bawah dan gigi.

Yang perlu diketahui, dr Tiwi menyampaikan bahwa penundaan frenotomi tak ada hubungannya dengan kebiasaan anak mengemut makanan maupun trlambat bicara. Namun dari sisi pelafalan, biasanya memang agak berbeda dibandingkan dengan anak yg lidahnya normal ataupun yg tongue tie namun dikerjakan frenotomi.

“Lafalnya ataupun artikulasinya beda ya mungkin, cadel gitu. Tapi kan tak sampai mengganggu,” ujar dr Tiwi.

Baca jugaInfografis: 4 Tipe Tongue Tie pada Bayi

Sementara itu, dikutip dari buku ‘Breastfeeding Sick Babies’ yg disusun dari Satgas PP ASI Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), walau jarang namun tongue tie mampu menyebabkan persoalan tumbuh kembang anak seperti gangguan pengucapan kata ataupun huruf, terutama huruf yg memerlukan gerakan lidah ke atas, seperti T, D, Z, S, N, dan L. Derajat keparahan bervariasi, mulai dari yg sangat jelas hingga yg sama sekali tak terdengar.

Tongue tie yg tidak diobati juga bisa menimbulkan gangguan pertumbuhan gigi, yakni gigi anak jadi tak rapi sebab kurangnya tekanan mekanis lidah. Selain itu, kemampuan lidah untuk membersihkan gigi berkurang sebab keterbatasan gerak.

Meskipun demikian, dr Tiwi mengingatkan orang tua untuk juga cermat. Jika memang dokter menyampaikan anak masih belum membutuhkan frenotomi, maka berarti memang tak perlu, jangan justru memaksa dokter melakukan tindakan tersebut pada anak.

Baca jugaIngat! Puting Lecet Saat Menyusui Bukan Melulu sebab Tongue Tie

(ajg/up)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Jika Anak Perlu Tindakan Frenotomi Namun Tak Dilakukan, Ini Akibatnya, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Jika Anak Perlu Tindakan Frenotomi Namun Tak Dilakukan, Ini Akibatnya | Admin | 4.5