advertisement

Jangan Salah, Payudara Besar Tanpa Operasi Juga Bisa Dialami Pria

By On Sunday, February 7th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Jangan Salah, Payudara Besar Tanpa Operasi Juga Bisa Dialami Pria –

advertisement

Jakarta, Payudara dengan ukuran besar kerap dikaitkan dengan wanita. Meskipun, pada beberapa pria, mereka mampu memiliki payudara dengan ukuran besar bahkan meskipun tubuhnya tak terlalu gemuk.

Menurut spesialis bedah plastik dari RS Onkologi Surabaya, dr Beta Subakti Nata’atmaja SpBP-RE(K), keadaan ini disebut sebagai ginekomastia. Pada ginekomastia, pria yg lazimnya tak mengalami perkembangan jaringan susu, justru jaringan susunya berkembang. Akibatnya, bentuk payudara mereka menjadi lebih besar dari seharusnya.

“Namun, ada keadaan di mana bukan jaringan susu yg membesar tapi cuma lemaknya saja, ini dinamakan pseudoginekomastia, mirip ginekomastia,” kata dr Beta ketika berbincang dengan detikHealth, Jumat (5/2/2016).

advertisement

Ginekomastia terjadi sebab adanya ketidakseimbangan hormonal di dalam tubuh pria antara esterogen (hormon wanita) dan testoteron (hormon pria). dr Beta mengatakan, hal ini mampu terjadi pada bayi yg baru lahir akibat pengaruh hormon si ibu dan anak laki-laki yg mengalami pubertas.

Baca juga: Payudara Pria Terbesar di Asia Akibat Obati Botak Pakai Pil KB

Ginekomastia yg terjadi pada ketika anak lelaki mengalami pubertas disebut juga pubertal gynecomastia. Tapi, sekitar 75 persen keadaan itu dikatakan dr Beta akan hilang dalam dua tahun. Selain itu, ginekomastia juga dapat terjadi akibat konsumsi obat-obatan tertentu, penyakit hati, maupun kelainan genetik.

dr Beta mengungkapkan, problem penting yg terbiasa terjadi pada pria dengan ginekomastia merupakan persoalan psikologis di mana mereka terbiasa merasa malu saat dihadapkan pada keadaan yg mengharuskan bertelanjang dada ataupun berbaju ketat. Misalnya saja ketika sedang berenang maupun berolahraga.

“Dengan adanya perkembangan kelenjar payudara yg berlebihan perlu diwaspadai juga kemungkinan terjadinya keganasan seperti kanker, meski angkanya amat kecil yaitu sekitar tujuh persen,” lanjut dr Beta.

Pada pria gemuk, seandainya penurunan berat badannya bertahap dan perlahan, menurut dr Beta ukuran payudaranya juga akan menyesuaikan alias mengecil tanpa disertai kelebihan kulit yg berlebihan ataupun menggelambir secara signifikan.

Baca juga: Usai Dada Terbentur, Pria Ini Baru Tahu Kena Kanker Payudara

(rdn/up)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Jangan Salah, Payudara Besar Tanpa Operasi Juga Bisa Dialami Pria, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Pencarian Terkini :

Jangan Salah, Payudara Besar Tanpa Operasi Juga Bisa Dialami Pria | Admin | 4.5