advertisement

Infografis: 4 Tipe Tongue Tie Pada Bayi

By On Tuesday, February 9th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Infografis: 4 Tipe Tongue Tie pada Bayi –

advertisement

Jakarta, Tongue tie maupun tali lidah pada bayi terdiri dari empat tipe. Klasifikasi tongue tie dibuat berdasarkan pengamatan mengenai seberapa bebas lidah bayi mampu bergerak. Ada beberapa klasifikasi yg dipakai, salah satunya berdasarkan klinis, yakni jarak melekatnya frenulum dengan ujung lidah, begitu dikutip dari buku ‘Breastfeeding Sick Babies’ oleh Satgas ASI Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (PP IDAI).

“Tidak segala tongue tie membutuhkan frenotomi. Pada umumnya tongue tie tipe 1 dan 2 tak membutuhkan terapi. Jika tak ada keluhan dalam pemberian ASI, biasanya diobservasi terlebih dulu sebab frenulum mampu jadi lentur seiring bertambahnya umur bayi,” kata dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Selasa (9/2/2016).

advertisement

Tapi, seandainya memang ada problem menyusu yg memengaruhi berat badan, perlu dikerjakan evaluasi oleh dokter mengenai perlu tidaknya tindakan bedah. Dihubungi terpisah, dr I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi SpA dari RS Bunda Jakarta menyampaikan biasanya yg membutuhkan tindakan ialah macam tongue tie yg berat di mana tali lidahnya tebal dan kaku. Akibatnya, bayi akan kesulitan dalam menggerakkan lidahnya.

“Tipe tongue tie juga tak akan berubah. Misalnya dari tipe satu lalu berubah menjadi tipe dua. Justru yg terbiasa tipe tongue tie menjadi lebih ringan sebab frenulumnya akan meregang seiring bertambahnya usia. Kecuali pada tongue tie derajat berat mungkin tak berubah,” tutur wanita yg akrab disapa dr Tiwi ini.

(rdn/up)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Infografis: 4 Tipe Tongue Tie pada Bayi, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Pencarian Terkini :

Infografis: 4 Tipe Tongue Tie Pada Bayi | Admin | 4.5