advertisement

Hair Tourniquet, Ketika Sehelai Rambut Membuat Bayi Terancam Amputasi

By On Saturday, February 6th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Hair Tourniquet, Ketika Sehelai Rambut Membuat Bayi Terancam Amputasi –

advertisement

Jakarta, Pada September 2015 pasangan suami istri Scott dan Jessica Walker membawa pulang bayinya, Molly, ke rumah setelah sempat dirawat sebab lahir prematur. Tak berapa lama saat keluarga sedang piknik, Molly menangis dan Scott merasa ada sesuatu yg ‘berbeda’ dari tangisan anaknya.

“Karena Molly menangis hebat tubuhnya mulai panas sehingga Jessica melepas kaus kakinya. Saat itulah kami melihat sesuatu di jari kakinya,” kata Scott seperti dikutip dari halaman Facebooknya pada Jumat (5/2/2016).

Jari kaki Molly bengkak berwarna merah sebab terlilit oleh sehelai rambut yg berada di kaos kaki. Karena kulitnya yg masih rentan dan sensitif sehelai rambut tersebut mampu mencekik dalam memutus aliran darah, sebuah keadaan yg disebut hair tourniquet.

advertisement

Baca juga: Habis Amputasi, Pasien Dapat Dilanda Fenomena ‘Tangan dan Kaki Hantu’

Studi yg dipublikasi di tahun 2006 menyebut hair tourniquet sebenarnya ialah keadaan yg umum terjadi namun jarang dilaporkan. Bila orang tua maupun dokter gagal mengenalinya dengan cepat maka sang bayi mampu terancam mengalami amputasi maupun infeksi.

“Rasanya sangat sakit dan perlu ditangani secepatnya,” kata dr Julie Gallombardo dari departemen anak New York University Langone Medical Center.

Pada perkara Molly beruntung Scott dan Jessica mampu mengenali persoalan dengan cepat dan mencabutnya menggunakan pinset. Di halaman Facebook Scott bercerita tentang kisah mereka dengan harapan agar orang tua yang lain lebih waspada terhadap keadaan ini.

“Sayangnya rambut itu telah berhasil memotong masuk ke dalam kulit Molly, benar-benar memutar di jari kakinya. Tapi kejadian ini mampu saja menjadi lebih buruk lagi kalau tidak cepat ditangani maupun seandainya rambut itu tidak mampu diakses,” tutup Scott.

Baca juga: Amputasi Tak Bisa Dihindari dalam Kondisi Seperti Ini(fds/vit)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Hair Tourniquet, Ketika Sehelai Rambut Membuat Bayi Terancam Amputasi, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Pencarian Terkini :

Hair Tourniquet, Ketika Sehelai Rambut Membuat Bayi Terancam Amputasi | Admin | 4.5