advertisement

Gusi Berdarah Setelah Menyikat Gigi? Bisa Jadi Gejala Gingivitis

By On Saturday, February 6th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Gusi Berdarah Setelah Menyikat Gigi? Bisa Jadi Gejala Gingivitis –

advertisement

Jakarta, Terdapat darah ketika meludah setelah menyikat gigi? Hati-hati, kemungkinan Anda mengalami gingivitis. Meskipun mungkin tidak terasa nyeri, namun jangan diabaikan.

Gingivitis maupun radang pada gusi. Kondisi ini biasanya muncul akibat adanya penumpukan plak dan bakteri. Plak sendiri terbentuk secara alami di sekitar gigi dari bakteri, ludah dan sisa makanan.

Jika Anda tidak menyikat gigi dengan bersih dan sempurna, maka sebagian dari sisa makanan akan menumpuk dan tertimbun di bawah gigi membentuk plak. Bercampur dengan bakteri, plak ini lalu mampu mengiritasi dan menyebabkan reaksi radang pada gusi.

advertisement

Akibatnya, gusi pun jadi bengkak dan infeksi. Saat tertekan, misalnya terdorong oleh sikat ketika Anda menyikat gigi, biasanya gusi akan mengeluarkan darah.

Faktanya, semakin lama plak berada di lokasi tersebut, maka peradangan dan pembengkakan akan semakin meluas. Yang jadi masalah, kebanyakan orang tidak tahu dirinya terkena keadaan ini sebab biasanya gingivitis tak menimbulkan rasa nyeri.

“Gingivitis yg tak diobati mampu berkembang jadi infeksi gusi berat. Dalam perkara yg sangat berat, keadaan ini bahkan bisa memengaruhi jaringan penyangga gigi,” ujar pakar kesehatan gigi Mark S. Wolff, seperti dikutip dari Men’s Health, Jumat (5/2/2016).

Menurut National Institute of Dental and Craniofacial Research, tidak hanya memengaruhi kesehatan mulut, gingivitis yg tidak langsung diobati dengan tepat juga mampu menimbulkan risiko penyakit lainnya seperti penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Nah, bagaimana cara untuk mencegah gingivitis?

Wolff menyarankan Anda untuk terus menjaga kebersihan mulut dengan baik. Rutin sikat gigi dua kali sehari dan flossing setiap malam untuk menghilangkan plak.

“Rutin cek ke dokter gigi, terutama seandainya Anda ada keluhan gusi berdarah ataupun ngilu ketika makan makanan panas dan dingin. Ingat, penumpukan plak juga dapat menyebabkan gigi berlubang,” pesan Wolff.

Baca juga: Hati-hati, Tambal Gigi yg Mengandung Merkuri Bahayakan Pasien dan Dokter

(ajg/vit)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Gusi Berdarah Setelah Menyikat Gigi? Bisa Jadi Gejala Gingivitis, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Gusi Berdarah Setelah Menyikat Gigi? Bisa Jadi Gejala Gingivitis | Admin | 4.5