advertisement

Dokter: Ibu-ibu Dengan Bayi Mikrosefali Rentan Depresi

By On Tuesday, February 2nd, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Dokter: Ibu-ibu dengan Bayi Mikrosefali Rentan Depresi –

advertisement

Jakarta, Sejak wabah virus Zika mulai muncul di Brazil pada medio 2015, otoritas setempat sudah mencatat terjadi hampir 4.000 masalah mikrosefali pada bayi. Kasus ini diduga ada kaitannya dengan virus zika.

Alhasil keadaan ini menimbulkan ketakutan luar biasa di masyarakat, tidak terkecuali di komunitas tim medis sendiri. Hal inilah yg setidaknya dikemukakan Dr Camilla Ventura yg mengaku ikut menangani 130 bayi yg lahir dengan mikrosefali di Altino Ventura Hospital, Rio de Janeiro.

“Ini sangat mengerikan, sebab untuk pertama kalinya kami menemukan (dugaan) keterkaitan antara virus zika dengan cacat lahir langka ini,” katanya, seperti dilaporkan ABC News.

advertisement

Padahal tim medis di Brazil juga belum memahami betul tentang virus ini, termasuk bagaimana menangani dan juga mendeteksinya.

Baca juga: 5 Hal yg Perlu Diketahui tentang Infeksi Virus Zika

Namun Ventura menjelaskan kondisi orang tua, terutama ibu, saat diberitahu anaknya mengalami dampak dari virus zika, semisal mikrosefali seringkali luput dari perhatian.

Padahal rata-rata dari mereka, lanjutnya, mengalami depresi, tekanan batin maupun gangguan psikis lainnya. “Terlebih banyak dari mereka yg tak tahu kalau bayinya bermasalah. Jangankan ibu-ibu ini, dokter saja terkejut, kami sama sekali tak mengira bakal begini,” urainya.

Sebagai bagian dari tim medis, Ventura pun berupaya aktif untuk menolong mengurangi beban mereka, yakni memulai sesi konseling berkelompok bagi ibu-ibu dengan bayi yg terlahir cacat. Barulah setelah dirasa dapat menghadapi cobaan dan memamerkan sikap tabah serta terbuka, tim medis berupaya mengajari mereka untuk menolong anak-anaknya agar dapat hidup normal di luar rumah sakit.

“Jadi bukan cuma rajin membawa anaknya ke rumah sakit tiap pekan (untuk terapi, red), tapi bagaimana mereka harus belajar untuk merawat bayi-bayinya sendiri di rumah,” harap Ventura.

Beruntung dari pengamatannya sejauh ini, sebagian besar bayi dengan mikrosefali yg ia tangani memberikan respons yg baik, dan makin baik dari hari ke hari.
 
Baca juga: Soal Ancaman Virus Zika, Begini Respons Kemenkes

Ventura ketika ini juga terlibat dalam sebuah tim yg berupaya untuk mengetahui dampak nyata serangan virus zika terhadap aspek tumbuh kembang bayi dan anak-anak di Brazil. “Semisal bagaimana mereka bereaksi terhadap mainan tertentu dan bunyi-bunyian tertentu, untuk melihat apakah ada keterlambatan ataupun tidak,” pungkasnya.

(lll/vit)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Dokter: Ibu-ibu dengan Bayi Mikrosefali Rentan Depresi, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Dokter: Ibu-ibu Dengan Bayi Mikrosefali Rentan Depresi | Admin | 4.5