advertisement

Dokter Curiga Kasus Mikrosefali Zika Bukan Mikrosefali Biasa

By On Tuesday, February 9th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Dokter Curiga Kasus Mikrosefali Zika Bukan Mikrosefali Biasa –

advertisement

Jakarta, Mikrosefali ialah keadaan di mana ukuran otak dan kepala bayi yg lahir cenderung kecil sebab tidak tumbuh sempurna. Kondisi tersebut jadi perhatian setelah dikaitkan dengan menyebarnya virus Zika yg kini tengah mewabah di Amerika Latin, terutama Brazil.

Konsultasi untuk mikrosefali di antara para dokter Brazil dan ahli mikrosefalus dunia dalam dua pekan terakhir ini meningkat. Dan di antara beberapa masalah yg didiskusikan terdapat temuan pola keadaan yg tidak biasa.

advertisement

Ahli genetik dr William Dobyns dari Seattle Children’s Hospital misalnya menemukan bahwa mikrosefali yg diduga dipicu oleh Zika memiliki tanda yg lebih parah dari biasa. Selama 30 tahun meneliti mikrosefali, ia dan beberapa peneliti lainnya mengaku terkejut melihat skala kerusakan yg terjadi.

Baca juga: Heboh Virus Zika, Menkes Sebut Belum Ada Peningkatan Kasus Mikrosefali

“Anak-anak ini milik bentuk mikrosefali yg parah. Otak tak cuma kecil tetapi juga ada malformasi pada korteks serebral dan kalsifikasi. Kondisinya terlihat seperti cedera otak yg parah,” kata Dobyns seperti dikutip dari Reuters pada Selasa (9/2/2016).

Satu hal terutama yg jadi perhatian ialah pada perkara bayi mikrosefali di Brazil terdapat cairan yg berlebih antara otak dengan tengkorak.

“Jika otaknya telah tumbuh tetapi lalu mengecil lagi, maka akan ada cairan yg dapat Anda lihat mengisi antara otak dan tengkorak. Kondisi mereka milik pola ini yg memamerkan bahwa otak mereka mengecil,” lanjut Dobyns.

Diperkirakan sekitar 5% perkara mikrosefali yg terjadi di Brazil termasuk dalam ekosistem yg parah. Angka harapan hidup anak-anak yg parah tersebut menurut Dobyns mampu bulanan ataupun sampai 10 tahun tergantung dari baiknya layanan kesehatan diperoleh.

Dokter cuma mampu merekomendasikan terapi untuk anak-anak mikrosefali yg menolong mengembangkan penglihatan, pendengaran, dan kemampuan motoriknya. Hal ini dikerjakan agar meminimalkan terjadinya retardasi mental dan fisik anak.

Baca juga: Curhat Ana, Jurnalis dari Brazil yg Terlahir dengan Mikrosefali(fds/up)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Dokter Curiga Kasus Mikrosefali Zika Bukan Mikrosefali Biasa, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Pencarian Terkini :

Dokter Curiga Kasus Mikrosefali Zika Bukan Mikrosefali Biasa | Admin | 4.5