advertisement

Digigit Kutu Ini, Seseorang Bisa Jadi Alergi Daging Merah Lho

By On Tuesday, February 9th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Digigit Kutu Ini, Seseorang Bisa Jadi Alergi Daging Merah Lho –

advertisement

Jakarta, Alergi ada banyak macamnya mulai dari yg umum seperti alergi susu hingga ke yg langka seperti misalnya alergi sinar matahari. Semua macam alergi tersebut pada intinya sama yakni disebabkan sebab sistem imun yg berubah agresif menyerang tubuh sendiri.

Mengapa sistem imun dapat berubah ganas masih jadi misteri, namun satu hal yg diketahui merupakan terkadang reaksi tersebut mampu dipicu. Salah satunya ialah alergi daging merah sebab gigitan kutu Ixodes holocyclus yg dikenal dengan nama paralysis tick (kutu lumpuh).

Sesuai namanya, gigitan dari kutu Ixodes mampu membuat kelumpuhan sebab ia menyuntikkan racun saraf. Biasanya kelumpuhan ini terjadi pada hewan dan tidak terlalu berpengaruh pada manusia.

advertisement

Namun terkadang pada beberapa perkara kombinasi racun dari kutu dan protein mamalia yg ada, dalam hal ini daging merah, mampu memicu reaksi alergi hebat.

Baca juga: Kulit Penuh Bintik-bintik dan Idap Alergi Matahari, Wanita Ini Tetap Pede

Ahli alergi dari Royal North Shore Hospital, Australia, Sheryl van Nunen menyampaikan awalnya keadaan tersebut tidak dikenal. Baru mulai diketahui pada awal tahun 2.000 saat mulai banyak orang tiba menemui dokter dengan alergi daging merah dan memiliki latar belakang cerita sama.

“Mereka sebelumnya makan dan lalu terbangun dari tidur sebab mengalami anaphylaxis ataupun reaksi alergi berat sekitar satu setengah jam kemudian. Mereka tidak tahu apa penyebabnya,” kata Sheryl seperti dikutip dari BBC pada Selasa (9/2/2016).

Pemeriksaan lebih jauh memperlihatkan bahwa para pasiennya milik kemiripan yang lain yakni ada reaksi alergi lokal terhadap gigitan kutu. Bila biasanya bekas gigitan kutu cuma membuat bentol kecil, maka pada pasien bentol yg terjadi mampu memiliki diameter antara 10-15 sentimeter.

Namun Sheryl menegaskan tidak seluruh orang yg digigit oleh kutu berarti akan memiliki alergi. Mengapa ini dapat terjadi pastinya belum diketahui namun ilmuwan dapat menjelaskan bahwa ada perubahan pada sistem imun saat racun kutu masuk ke dalam tubuh.

Racun tersebut membuat sistem imun bereaksi terhadap karbohidrat bernama Alpha-gal yg ada pada segala mamalia kecuali primata termasuk di dalamnya manusia. Ketika seseorang makan daging merah maka elemen tersebut masuk ke dalam tubuh dan memicu reaksi.

Sheryl menyampaikan langkah terbaik untuk mencegahnya merupakan dengan mengangkat kutu dengan dibekukan terlebih dahulu. Jangan yang berasal cabut ataupun pencet sebab malah akan merangsang kutu menyuntikkan lebih banyak racun sehingga meningkatkan kemungkinan diperolehnya alergi.

Baca juga: Begini Cara Tepat Lepaskan Kutu yg Mengigit Kulit(fds/up)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Digigit Kutu Ini, Seseorang Bisa Jadi Alergi Daging Merah Lho, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Pencarian Terkini :

Digigit Kutu Ini, Seseorang Bisa Jadi Alergi Daging Merah Lho | Admin | 4.5