advertisement

Di Indonesia, Demam Berdarah Dinilai Lebih Berbahaya Ketimbang Zika

By On Wednesday, February 3rd, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Di Indonesia, Demam Berdarah Dinilai Lebih Berbahaya Ketimbang Zika –

advertisement

Jakarta, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut dunia dalam kondisi darurat akibat virus Zika. Sebab virus ini dikaitkan dengan peningkatan perkara mikrosefali. Namun untuk Indonesia, demam berdarah dengue (DBD) dinilai lebih berbahaya.

“Di Indonesia yg berbahaya justru serangan demam berdarah,” kata Ketua Departemen Mikrobiologi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Gadjah Mada (UGM) dr Tri Wibawa, PhD, Sp.Mk kepada wartawan di Kampus UGM, Selasa (2/2/2016).

Beberapa masalah infeksi virus Zika di Indonesia pernah dilaporkan, namun sejauh ini belum ada data kegawatan. Kasus terbaru dilaporkan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman pada 2015. Dalam data disebut virus ini diidentifikasi pada satu pasien di Jambi, setelah meneliti 103 sampel darah saat terjadi wabah demam berdarah.

advertisement

Baca juga: Begini Rasanya Terkena Virus Zika

Menurut dr Tri, perlu kajian lebih lanjut untuk mengetahui apakah Zika yg ada di Indonesia sama dengan virus yg ada di Amerika Latin. dr Tri menyampaikan virus zika yg ditemukan di Indonesia dapat saja berbeda dengan yg ada di Amerika Latin. Karenanya masyarakat tak perlu khawatir terhadap virus ini. Manifestasi klinis akibat serangan virus zika pun tak separah demam berdarah yg dapat mengakibatkan kematian.

“Dari data terdahulu serangan virus ini tak menyebabkan kematian. Gejalanya ditandai dengan demam, sakit kepala, nyeri persendian, terkadang disertai dengan muncul ruam-ruam merah dan peradangan pada mata,” katanya.

Meski demikian, dia mengimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai keberadaan virus ini. Sebab Indonesia ialah negara yg berpotensi terhadap serangan virus ini. Sebab virus Zika ini dibawa nyamuk Aedes yg banyak berkembang di wilayah tropis termasuk Indonesia.

Baca juga: Ingat! Setelah 3 Hari Demam Turun, Bukan Berarti Anak Sembuh dari DBD

“Untuk kewaspadaan memang perlu dilakukan, tetapi tak perlu berlebihan,” saran dr Tri.

Dia meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Salah satunya dengan melakukan gerakan 3M untuk pemberantasan sarang nyamuk. “Pencegahan dapat dikerjakan seperti pada perkara DBD,” pungkas dr Tri Wibawa.(bgs/vit)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Di Indonesia, Demam Berdarah Dinilai Lebih Berbahaya Ketimbang Zika, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Di Indonesia, Demam Berdarah Dinilai Lebih Berbahaya Ketimbang Zika | Admin | 4.5