advertisement

Bukan Mabuk, Alicia Cadel Dan Terbata-bata Saat Bicara Karena Sakit Serius

By On Saturday, January 30th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Bukan Mabuk, Alicia Cadel dan Terbata-bata Saat Bicara karena Sakit Serius –

advertisement

Jakarta, Di awal-awal masuk kuliah, yg ada di pikiran Alicia Goss hanyalah bagaimana mendapatkan nilai A di seluruh mata kuliah, sehingga ia demikian tekun belajar dan jarang keluar rumah kontrakan.

Hingga berbulan-bulan lalu tiba-tiba saja ia tidak mampu menulis dengan baik. “Pena aku terbiasa terlepas dari tangan dan tulisan aku jadi sangat buruk,” katanya.

Tak cuma itu, cara bicaranya juga cadel mirip seperti orang mabuk, demikian juga dengan cara berjalannya. Alicia juga mengeluhkan nyeri yg luar biasa di kedua lutut dan persendiannya. Bahkan beberapa kali Alicia melihat tangannya gemetaran tiap kali diajak bersalaman.

advertisement

“Orang-orang bahkan melihat aku dengan tatapan aneh. Mereka pikir aku benar-benar mabuk,” lanjutnya seperti dilaporkan Daily Mail.

Baca juga: Orang Bisa Berubah Jadi Pemarah Karena Sakit Ini

Seiring berjalannya waktu, keadaan gadis berumur 19 tahun itu justru tak membaik, melainkan semakin buruk. Ia bahkan sampai tidak mampu berjalan lagi dan harus dibantu dengan kursi roda.

Ketika diperiksakan, dokter telah menyampaikan gejala yg dialaminya bukan sebab stres akibat perkuliahan yg padat. Namun dengan kondisinya yg seperti itu, Alicia menyadari ia tidak lagi mampu mengikuti perkuliahan dengan baik dan akhirnya terpaksa keluar dari kampusnya, Canterbury Christchurch University.

Dari hasil scan MRI ketahuan bahwa gadis yang berasal Orpington, Kent itu mengidap penyakit Wilson, penyakit genetik yg disebabkan oleh penumpukan racun tembaga di dalam tubuhnya. Diagnosis ini keluar pada bulan Desember 2014.

Dengan kata lain, keadaan inilah yg menyebabkan liver tidak mampu memetabolisir dan menghilangkan racun tembaga dari tubuh seperti halnya orang yg sehat. Padahal penumpukan tembaga tak saja memicu gangguan pada cara bicara dan berjalan pasien, melainkan juga kerusakan liver, otak dan juga organ lainnya.

Hasil tes genetik menyatakan, kedua orang tua Alicia ialah carrier dari gen yg menyebabkan putrinya mengalami penyakit Wilson. Sedangkan sang adik, Elise cuma mewarisi satu gen abnormal saja, sehingga tak akan mengalami gejala seperti Alicia.

Baca juga: Uring-uringan Dikira sebab Moody, Sam Ternyata Idap Penyakit Wilson

Sejak Januari lalu, Alicia cuma bergantung pada pengobatan untuk mengendalikan gejala penumpukan tembaga di tubuhnya. Untungnya tubuh gadis berambut kecoklatan ini merespons obat-obatan yg diberikan dengan baik sehingga Alicia mampu kembali bersekolah.
 
Sang dokter, Dr Godfrey Gillett, dari Sheffield Teaching Hospital mengaku gembira sebab tubuh Alicia merespons pengobatannya, yakni penicillamine yg dikombinasikan dengan vitamin E.

“Biasanya pasien justru memburuk saat pertama kali coba pengobatan, dan butuh waktu satu tahun untuk mampu melihat manfaatnya. Baru kali ini aku melihat perkembangan yg sangat baik dari pasien,” bilangnya tentang Alicia.

Kini Alicia juga bertekad meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keberadaan penyakitnya, yg tak jarang tak diketahui oleh dokter dan tim medis lainnya.

(lll/vit)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Bukan Mabuk, Alicia Cadel dan Terbata-bata Saat Bicara karena Sakit Serius, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Pencarian Terkini :

Bukan Mabuk, Alicia Cadel Dan Terbata-bata Saat Bicara Karena Sakit Serius | Admin | 4.5