advertisement

Bobot Turun Drastis Di Usia Senja? Jangan-jangan Kena Demensia

By On Monday, February 8th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Bobot Turun Drastis di Usia Senja? Jangan-jangan Kena Demensia –

advertisement

Jakarta, Saat usia telah memasuki senja, berat badan biasanya tidak gampang naik-turun. Tetapi jika bobot turun di usia tua, mungkin ini ada kaitannya dengan gangguan kesehatan tertentu.

Fakta ini diperoleh tim peneliti dari Mayo Clinic, Minnesota setelah melakukan pengamatan terhadap 1.895 orang berusia 70-an tahun ke atas dan tak memamerkan gejala demensia.

Empat tahun kemudian, peneliti menemukan 524 partisipan mengalami penurunan kognitif ringan. Setelahnya, peneliti menetapkan mengamati tinggi dan berat badan partisipan ketika usia mereka dalam rentang 40-65 tahun dari rekam medis mereka.

advertisement

Ternyata, mereka yg mengalami gangguan kognitif tercatat kehilangan berat badan hingga 2 kg dalam kurun 10 tahun, sedangkan mereka yg tak terganggu kognitifnya cuma kehilangan bobot sebanyak 1,2 kg.

Namun sebab peneliti mengaku kesulitan untuk menentukan apakah keadaan itu disengaja ataupun tidak, mereka tetap menyimpulkan bahwa penurunan berat badan yg terjadi pada rentang usia 40-70 tahun mampu menjadi adalah gejala awal dari demensia maupun kepikunan.

Lalu berapa banyak penurunan bobot yg harus diwaspadai? Dari studi yg sama ditemukan, bobot yg turun sebanyak 5 kg dalam 10 tahun bisa dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan kognitif ringan senilai 24 persen. Kondisi ini biasanya juga dibarengi dengan penurunan nafsu makan.

Baca juga: Studi: Kecepatan Berjalan Lansia Berhubungan dengan Risiko Alzheimer 

“Penyebab langsungnya memang belum jelas, tapi kami menduga terjadi gangguan pada produksi hormon tertentu yg lalu memberi pengaruh metabolisme energi dan juga asupan makanan, sehingga lalu memunculkan risiko gangguan ingatan,” tulis peneliti seperti dikutip dari jurnal JAMA Neurology, Minggu (7/2/2016).

Gangguan hormon itu pulalah, lanjut peneliti, yg memicu munculnya depresi dan sikap apatis yg ditunjukkan seseorang dengan gejala awal pikun. Yang bersangkutan menjadi tak nafsu makan dan mengalami penurunan berat badan selama bertahun-tahun, sebelum akhirnya benar-benar memamerkan gangguan memori ataupun daya ingat.

Baca juga: Tanpa Disadari, 6 Hal Ini Bisa Jadi Tanda Awal Alzheimer 

“Bisa menjadi memang ada hubungannya,” tandas Dr Laura Phipps dari Alzheimer’s Research UK, menanggapi studi ini. Penurunan berat badan, katanya, mampu menjadi juga dipicu oleh kerusakan dini pada otak akibat keberadaan penyakit seperti Alzheimer.

Tetapi tak menutup kemungkinan ada faktor lain. Mungkin ada benarnya seandainya setiap orang disarankan untuk menjaga agar berat badannya tetap ideal, sebab itu juga bisa menolong mengendalikan munculnya faktor risiko demensia seperti diabetes dan tekanan darah tinggi atau gangguan kesehatan lain.(lll/up)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Bobot Turun Drastis di Usia Senja? Jangan-jangan Kena Demensia, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Pencarian Terkini :

Bobot Turun Drastis Di Usia Senja? Jangan-jangan Kena Demensia | Admin | 4.5