advertisement

Billy, Remaja Pertama Di Inggris Yang Sembuh Dari Epilepsi Berkat Robot

By On Monday, February 8th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Billy, Remaja Pertama di Inggris yang Sembuh dari Epilepsi Berkat Robot –

advertisement

Jakarta, Epilepsi sebetulnya bukan penyakit yg tak mampu disembuhkan. Ada obat pengendalinya, tapi ada juga operasi yg dapat dikerjakan untuk mencegah serangan itu terjadi kembali.

Adalah Billy Whitaker, ia telah terserang epilepsi sejak usianya masih 8 tahun. Bahkan ia mengalami gejala khusus. Tiap kali akan kejang, Billy akan mengalami gejala yg dinamakan ‘aura’ yg ditunjukkan dengan kondisi linglung.

advertisement

Di tahun 2014, Billy telah menjalani pengangkatan sebagian kecil temporal lobe di otak kanannya, yg selama ini diketahui mampu menyembuhkan epilepsi. Namun sayangnya, ini cuma bertahan dalam setahun saja.

Saat epilepsinya kembali, kali ini gejalanya tidak mampu dikendalikan dengan obat-obatan. Hingga akhirnya Bristol Royal Hospital for Children tidak mengurangi teknologi pengobatan mereka dengan sebuah robot yg dinamai Neuromates Robot.

Robot seharga 350.000 poundsterling (Rp 6.9 miliar) itu difungsikan untuk memasukkan elektroda ke dalam otak terdalam Billy. Dengan cara itu, bagian otak yg memicu serangan kejang bisa diketahui dan diakses lalu diangkat, dengan tingkat akurasi yg luar biasa.

Atas rekomendasi dan urunan dana dari penduduk setempat, pihak rumah sakit akhirnya memilih Billy sebagai pasien pertama yg akan merasakan teknologi terbaru tersebut. Prosedur ini dikerjakan pada Januari 2015 lalu.

Pertama-tama, tim dokter bedah membius Billy kemudian melakukan beberapa kali scan untuk membuat ‘peta’ tiga dimensi (3D) dari otaknya. Dengan cara itu mereka mampu melakukan ‘interogasi’ maupun mengidentifikasi persoalan pada otak remaja berusia 15 tahun itu.

Selepas itu, mereka memasang semacam bingkai di kepala Billy agar bisa memandu si robot ketika mengebor kepalanya. Lantas robot tadi membuat lintasan tiga dimensi yg nantinya akan dipasangi elektroda.

Yang pertama, tim dokter melubangi kulit dan tengkorak Billy dengan bor setebal 1 milimeter. Kemudian bor setebal 3 cm digunakan untuk melubangi jaringan otak Billy, dan lubang semacam ini dibuat di empat lokasi yg berbeda. Barulah setelah itu elektroda dimasukkan ke lubang-lubang yg disediakan.

Elektroda ini nantinya akan menangkap sinyal-sinyal yg terpancar dari otak dan menunjuk lokasi penyebab serangan epilepsi dengan tepat.

Baca juga: Awas! Sering Kejang Demam, Anak Lebih Berisiko Kena Epilepsi 

Operasi yg berlangsung selama lima jam itu pun selesai, dan kondisi Billy dipantau. Ternyata semenjak ketika itu, serangan kejangnya berkurang jadi 9 episode dalam tiga hari. “Kami menemukan bagian kecil dari otak yg kami duga ialah kandidat penyebab dari kejang-kejang ini,” tutur Michael Carter, salah satu ahli bedah saraf yg terlibat dalam operasi Billy.

Dengan robot, lanjut Carter, timnya menemukan jaringan otak yg bermasalah tersebut, kemudian mengangkatnya sepekan kemudian. Dengan robot pula, proses penanaman elektroda tadi juga jadi sangat aman dan tanpa diikuti efek samping setelahnya.

“Kini kondisinya telah jauh lebih baik, bahkan tidak ada lagi kejang. Kami berharap ia akan bebas kejang untuk seterusnya,” kata Carter seperti dikutip dari SWNS, Minggu (7/2/2016).

Di Inggris sendiri, tercatat cuma ada empat mesin robot, dan Billy adalah pasien anak pertama yg mendapatkan prosedur operasi yg disebut ‘robotic stereotactic EEG’ tersebut.

Baca juga: 6 Langkah Pertolongan Pertama Bagi Kejang-kejang sebab Epilepsi (lll/up)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Billy, Remaja Pertama di Inggris yang Sembuh dari Epilepsi Berkat Robot, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Pencarian Terkini :

Billy, Remaja Pertama Di Inggris Yang Sembuh Dari Epilepsi Berkat Robot | Admin | 4.5