advertisement

Berusia 135 Tahun, Wanita Uzbekistan Ini Diklaim Tertua Di Dunia

By On Friday, February 5th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Berusia 135 Tahun, Wanita Uzbekistan Ini Diklaim Tertua di Dunia –

advertisement

Karakalpakstan, Berdasarkan laporan Guinnes Book of the World Records, rekor manusia tertua yg masih hidup ketika ini dipegang seorang wanita yang berasal Amerika Serikat bernama Susannah Mushatt Jones. Usia Susannah ketika ini merupakan 116 tahun.

Namun seorang wanita yang berasal Uzbekistan bernama Tuti Yusupova diklaim lebih pantas menduduki posisi tersebut sebab usianya ketika ini merupakan 134 tahun. Sayangnya, Tuti baru saja dikabarkan meninggal dunia pekan lalu.

advertisement

Kabarnya, Tuti lahir pada tanggal 1 Juli 1880 maupun 13 tahun lebih awal daripada pemegang rekor manusia tertua yg pernah hidup, Jeanne Calment yang berasal Prancis yg meninggal di tahun 1997 dalam usia 122 tahun. Demikian dilaporkan Mirror.

Tak cuma itu, otoritas setempat juga mengantongi beberapa dokumen yg menyatakan bahwa Tuti memang berusia 135 tahun ketika meninggal, di antaranya paspor dan akte kelahiran punya wanita ini. Tuti juga meninggalkan lebih dari 100 keturunan yg bisa membuktikan klaim tentang usianya tersebut.

Di tahun 2008, Tuti juga mendapatkan penghargaan khusus yg disebut ‘Shukhrat’ dari pemerintah Uzbekistan di tahun 2008 atas ‘prestasi’ panjang umurnya tersebut.

Paspor Tuti Yusupova (Foto: BBC)

Dalam sebuah kesempatan, Baxadir Yangibaev, kepala dewan menteri Republik Karakalpakstan, di mana Tuti tinggal, mengatakan, tidak banyak orang yg tahu seandainya wilayahnya tergolong ‘sangat sehat’ untuk ditinggali. Terbukti dari populasinya yg mencapai 30 juta, 8.700 orang di antaranya merupakan mereka yg berusia lebih dari 100 tahun ataupun biasa disebut centenarian.

Baca juga: Pulau Ikaria, Pulau ‘Hidup Kekal’ Tempat Orang-orang Berumur 1 Abad

BBC sempat mendokumentasikan kehidupan Tuti ketika umurnya baru menginjak 128 tahun. Saat diwawancarai, ia mengaku sehat meskipun pendengarannya telah tak sebaik ketika masih muda.

Dalam dokumentasi yang lain juga dikatakan Tuti banyak meluangkan waktunya menonton TV setelah masa mudanya dihabiskan untuk bekerja kasar. “Saya dapat menyampaikan kepada Anda bahwa kunci panjang umur merupakan banyak bekerja di ladang dan hidup dengan jujur,” tuturnya ketika itu.

Sejumlah pakar dari WHO ataupun Badan Kesehatan Dunia bahkan pernah mampir ke rumahnya untuk menjadikan Tuti bagian dari studi tentang longevity ataupun orang-orang berumur panjang.

Baca juga: 80% Orang yg Hidup Mencapai Usia 100 Tahun merupakan Wanita

Sebelum Tuti, di tahun 2012, ada juga seorang nenek yang berasal China bernama Luo Meizhen yg mengaku lahir pada tanggal 9 Juli 1885. Itu berarti usianya ketika itu merupakan 127 tahun maupun lima tahun lebih tua dari Jeanne.

Luo dikabarkan cuma tinggal bersama anak satu-satunya di Bama, Provinsi Guangxi, China. Menariknya, anak semata wayangnya ini dilaporkan dilahirkan oleh Luo ketika usianya telah menginjak 61 tahun.(lll/vit)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Berusia 135 Tahun, Wanita Uzbekistan Ini Diklaim Tertua di Dunia, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Pencarian Terkini :

Berusia 135 Tahun, Wanita Uzbekistan Ini Diklaim Tertua Di Dunia | Admin | 4.5