advertisement

Asal Tak Berlebihan, Stres Bisa Turunkan Berat Badan

By On Saturday, October 8th, 2016 Categories : Kesehatan

[ads1]

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Asal Tak Berlebihan, Stres Bisa Turunkan Berat Badan –

advertisement

Jakarta, Turunnya berat badan terbiasa dianggap sebagai indikasi bahwa seseorang sedang banyak pikiran. Anggapan itu tak sepenuhnya salah, setidaknya menurut penelitian terbaru di Inggris.

Dalam penelitiannya, para ilmuwan di Nottingham University mengungkap bahwa hormon-hormon yg dilepaskan ketika stres dapat mengaktifkan ‘brown fat’ maupun lemak cokelat. Saat diaktifkan, macam lemak ini akan membakar glukosa maupun gula untuk menghasilkan panas tubuh.

Penelitian yan dipublikasikan dalam jurnal Experimental Physiology ini menyampaikan bahwa stres ringan yg sengaja diciptakan dapat menolong menurunkan berat badan. Dipadukan dengan program diet, cara ini akan meningkatkan peluang keberhasilan.

advertisement

Baca juga: Stres Berat Mengubah Lemak Putih Jadi Mesin Pembakar Kalori 

Untuk membuktikannya, para ilmuwan meminta 5 perempuan dewasa untuk mengerjakan soal matematika. Sambil mengerjakan tugas, para perempuan tersebut menjalani pemeriksaan kadar kortisol dan pengukuran suhu brown fat di lehernya.

Hasilnya, kadar kortisol mengalami peningkatan dalam kondisi stres. Demikian juga, temperatur brown fat juga meningkat, memperlihatkan adanya pembakaran kalori yg lebih banyak.

“Penelitian kami memamerkan bahwa variasi pada aktivita brown fat antar individu mampu dijelaskan dengan perbedaan respons terhadap stres psikologis,” kata Prof Michael Symonds yg melakukan penelitian tersebut, dikutip dari Dailymail, Selasa (9/2/2016).

Baca juga: Rumitnya Para Ahli Menelusuri Penyebab Gemuk yg Sesungguhnya (up/up)
Sumber: http://health.detik.com
[ads2]

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Asal Tak Berlebihan, Stres Bisa Turunkan Berat Badan, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Asal Tak Berlebihan, Stres Bisa Turunkan Berat Badan | Admin | 4.5