advertisement

Sekarang Saya Cuma Punya Satu Blog

By On Wednesday, February 3rd, 2016 Categories : Internet

PalingPopuler.Com mengabarkan tentang Sekarang Saya Cuma Punya Satu Blog.

Logo Blog Sugeng.ID

Beberapa dari pembaca blog ini mungkin sudah tahu kalau saya mempunyai blog lain selain blog ini, yaitu www.tutorialblogku.com.

advertisement

Blog tersebut saya buat sekitar bulan Juli tahun 2015 kemaren dengan menggunakan platform blog gratisan, blogger.com.

Sesuai dengan nama blognya, blog ini saya buat untuk saya isi tutorial-tutorial blog khusus untuk blogger-blogger pemula yang baru belajar ngeblog di blogger.com.

advertisement

Ada beberapa alasan kenapa saya membuat blog ini:

1. Ingin tetap ngeblog di blogger.com

Alasan utama adalah karena saya kepengin tetep ngeblog di blogger.com. Blogger.com adalah tempat pertama saya belajar ngeblog sampai bisa menghasilkan uang sebelum saya memutuskan untuk menggunakan WordPress self-hosted.

2. Karena banyak nanya tutorial blog via email

Blogger.com terkenal sebagai platform blogging yang sangat mudah digunakan, tapi semudah apapun tetap saja di luar sana banyak blogger-blogger pemula yang masih gaptek dan perlu bimbingan. Saya sangat sering mendapatkan pertanyaan-pertanyaan basic seputar blogger.com, seperti memasang widget atau mengganti template.

Nah daripada kalau setiap ada yang nanya saya harus nyuruh buka google atau saya sendiri yang harus repot-repot buka google, maka saya memutuskan untuk membuat blog tutorialblogku.com sebagai tempat saya menampung jawaban-jawaban dari pertanyaan yang sering saya dapatkan via email.

3. Sebagai blog cadangan

Mungkin sobat bertanya-tanya, kenapa tutorial blognya nggak dipublish di blog ini aja ketimbang bikin blog baru?

Alasannya karena saya ingin blog www.tutorialblogku.com menjadi cadangan blog ini jika mungkin nanti blog ini tiba-tiba dihack orang atau kena penalty dari Google.

Tapi semuanya tidak berjalan sesuai rencana

Di awal saya kira mengelola lebih dari satu blog itu bakalan keren dan menyenangkan. Tapi kenyataannya malah bikin saya malas ngeblog.

Memang banyak blogger-blogger di luar sana yang mengeloa banyak blog, tapi tujuan mereka menglola banyak blog sangat berbeda dengan apa yang saya lakukan.

Yang paling membuat saya malas adalah karena saya harus membalas komentar-komentar di blog tutorialblogku.com, membalas komentar-komentar di blog ini, membalas pertanyaan di email, dan lain sebagainya.

Saya nggak punya cukup banyak waktu untuk melakukan semuanya.

Mengelola satu blog saja adalah pilihan terbaik

Setelah melalui pertimbangan yang cukup matang saya memutuskan untuk menggabungkan blog tutorialblogku.com dengan blog sugeng.id. Jadi sekarang saya cuma punya satu blog aja.

Meskipun blog ini sendiri menggunakan WordPress, tapi kedepannya blog ini akan tetap saya isi dengan tutorial-tutorial blog untuk pengguna blogger.com.

Selain tutorial blogger, tentunya blog ini akan tetap mempublish tips-tips ngeblog khususnya seputar monetisasi blog karena kebanyakan pembaca blog ini ngeblog karena kepengin ngasilin duit dari blog.

Kedepannya blog ini juga akan saya isi dengan tutorial-tutorial WordPress, SEO, Hosting, Domain dan apa saja yang saya pelajari selama menjadi seorang blogger.

Update bagi yang berlangganan via email

Bagi yang berlangganan via email mungkin kedepannya saya tidak selalu mengirim pemberitahuan setiap kali blog ini update postingan baru. Saya hanya akan mengirim pemberitahuan untuk posting-posting seputar tips ngeblog dan juga informasi-informasi penting seputar blogging.

Alasannya karena kedepannya blog ini bakalan lebih sering update dan saya nggak kepengin menuh-menuhin inbox email sobat dengan email pemberitahuan dari saya.

Jika sobat tetap ingin mendapat pemberitahuan posting artikel terbaru dari blog ini, sobat bisa berlangganan RSS menggunakan Feedly.com.

Penutup..

Mungkin segitu saja postingan saya kali ini. Sekian dan terima kasih.

Sekarang Saya Cuma Punya Satu Blog
sumber : http://sugeng.id/sekarang-saya-cuma-punya-satu-blog/

Pencarian Terkini :

Sekarang Saya Cuma Punya Satu Blog | Admin | 4.5