Kenapa Orang Nonton Film Horor, Ditakut-takuti Tapi Senang?

By On Sunday, June 19th, 2016 Categories : HIburan

Sebarkanlah…
PalingPopuler.Com mengabarkan : Kenapa orang nonton film horor, ditakut-takuti tapi senang?

Film dengan genre horor nampaknya menjadi salah satu tayangan yang paling digemari dan ditunggu-tunggu oleh hampir seluruh masyarakat dari segala usia. Padahal telah jelas tayangan terkadang menjadikan kita merasakan ketakutan sendiri, seolah mistis yang terdapat terbawa ke masa hidup kita sehari-hari, khususnya pada malam hari.

Meski takut, kenapa masyarakat nampak senang dengan hadirnya film horor?

Menanggapi hal tersebut, Psikolog Rima Olivia menyatakan ketertarikan seseorang untuk menonton tayangan horor didasari sebab adanya excitement dan fear yang menimbulkan rasa adrenalin.

“Sebenarnya dari diri kita terdapat komponen bukan senang ditakuti, tapi ketika kita menghadapi bahaya terdapat excitement dan fear, yang kemudian melahirkan adrenalin di otak kita,” kata Rima saat dihubungi merdeka.com, Jumat (17/6).

Rima mengungkapkan, dalam kegemaran menonton film tersebut, seseorang bisa dipersepsikan telah memahami tak terdapat bahaya tentu dan tak terdapat siaga setelah menonton, alhasil mereka yakin semua terlaksana aman dan tak perlu diwaspadai. Meski berbagai tetap merasa takut usai menontonnya.

“Mereka merasa film horor ini ternyata tidak mengancam jiwa, alhasil menjadi nyaman dan memberi hasil kesenangan. Karena tak berbahaya, jadi dicari, lebih ingin tahu lebih menguji adrenaline,” paparnya.

Diberikan contoh, Rima memisalkan seperti olahraga lompat bungee (bungee jumping) yang dikenal sebagai olahraga berbahaya dan menakutkan, tetapi ketika seseorang telah sukses mencoba dan kuat melampaui rasa takutnya, maka dia seolah ketagihan untuk melakukan kembali, malah tendensius mencari olahraga yang semakin menantang dan berbahaya lainnya. Ini sebab mereka menilai tak terdapat yang perlu diwaspadai.

“Intinya mereka aman. Kembali ke horor tadi tersebut kan selalu misteri, di luar kebiasaan antara assignment dan rasa takut atau fear tadi, sebab pingin tahu, jadi diikuti, dan suka, jadi ditunggu-tunggu film selanjutnya. Menurut saya tersebut memang logis. Kita bisa pahami apakah yang ada,” ucapnya.

“Ini juga dilihat kalau dari sensasi hormonal takut nonton horor tapi sekaligus menikmati. Jadi keseruan uji nyali bukan sesuatu yang berbahaya, semakin pada visualisasi yang diserap di kepala. Selain itu, sisi profil juga menargetkan ekspetasi orang dalam menonton, dia semakin mudah menangkap yang mana, kalau merasa ketakutan banget, tentu dia menentukan untuk tidak menonton. Tapi kalau yang biasa saja menentukan menonton. Ya sebab tadi, film horor meninggikan adrenaline tapi tak perlu diwaspadai,” tutupnya.
Sumber:

http://www.merdeka.com/artis/kenapa-orang-nonton-film-horor-ditakut-takuti-tapi-senang.html

Terima kasih Anda telah membaca informasi tentang Kenapa orang nonton film horor, ditakut-takuti tapi senang?, simak informasi menarik lainnya hanya di PalingPopuler.Com.

Kenapa Orang Nonton Film Horor, Ditakut-takuti Tapi Senang? | Paling Populer | 4.5